Asah Kemampuan, Pasukan Khusus Kopaska Koarmada III Latihan Selam Tempur
Pasukan khusus Kopaska Koarmada III melaksanakan latihan selam tempur di Perairan Pulau Makmak, Sorong, Papua Barat Daya. (Koarmada III)
14:08
16 Oktober 2024

Asah Kemampuan, Pasukan Khusus Kopaska Koarmada III Latihan Selam Tempur

Perairan Pulau Makmak, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya menjadi lokasi latihan selam tempur pasukan khusus TNI AL, Komando Pasukan Katak (Kopaska) Komando Armada (Koarmada) III.

Berdasar keterangan resmi yang diterima oleh JawaPos.com pada Rabu (16/10) latihan tersebut berlangsung pada Selasa (15/10). 

Komandan Satuan Kopaska Koarmada III Kolonel Laut (P) Robinson H. Etwiory menyampaikan bahwa sesuai perintah panglima Koarmada III, Satuan Kopaska Koarmada III harus berlatih dan terus berlatih untuk mengasah kemampuan mereka sebagai pasukan khusus. Dia mengungkapkan, latihan selam tempur merupakan latihan rutin yang sudah mereka laksanakan sejak lama. 

”Titik berat latihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan individu manusia katak dalam keterampilan selam tempur yang terdiri atas selam berpasangan, kompas selam alat scuba dan alat selam sirkulasi tertutup, serta selam tempur dengan alat selam semi tertutup,” ungkap Kolonel Robinson.

Dia pun menyampaikan bahwa latihan selam tempur Satuan Kopaska Koarmada II akan berlangsung selama dua pekan atau 15 hari. Tujuannya untuk menyiapkan prajurit Kopaska Koarmada III menjadi pejuang yang tangguh dan pemberani.

Mereka disiapkan agar selalu siap siaga dan ready kapanpun dibutuhkan oleh negara. Itu sesuai dengan semboyan manusia katak, yakni tidak ada rintangan yang tak dapat diatasi. 

Editor: Banu Adikara

Tag:  #asah #kemampuan #pasukan #khusus #kopaska #koarmada #latihan #selam #tempur

KOMENTAR