Hari Kampanye Terakhir Pilpres 2024, Ganjar-Mahfud Akan Orasi Pamungkas di Solo dan Semarang
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo bersilaturahim dengan Uskup Bogor Mgr Paskalis Bruno Syukur di Pusat Pastoral Keuskupan Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat hari ini (9/2/2024). (DOK: TPN GANJAR-MAHFUD )
09:24
10 Pebruari 2024

Hari Kampanye Terakhir Pilpres 2024, Ganjar-Mahfud Akan Orasi Pamungkas di Solo dan Semarang

Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud menggelar Hajatan Rakyat di dua kota Provinsi Jawa Tengah, yakni Kota Solo dan Kota Semarang, pada hari terakhir masa kampanye Pemilu 2024, Sabtu (10/2). Hajatan Rakyat Solo digelar pada pagi hari dan Hajatan Rakyat  Semarang, pada siang hari.   Deputi Kanal Media TPN Ganjar-Mahfud, Karaniya Dharmasaputra mengungkapkan,  Hajatan Rakyat itu akan dihadiri langsung calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Kedua calon pemimpin negara itu akan menyapa masyarakat dan  menyampaikan orasi politik.     “Hajatan Rakyat Solo diwarnai kegiatan budaya mulai dari Grebeg, Ruwatan hingga Kirab Warisan Budaya Indonesia,” kata Karaniya di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (10/2).   

  Karaniya menjelaskan, Hajatan Rakyat Solo akan ditandai Grebeg, Ruwatan, senam Zumba  diiringi lagu 'Sat Set Tas Tes' dilanjutkan dengan atraksi Parade Reog, Barongsai, Liong, Lembu Suro hingga Pagelaran Wayang Orang yang kental budaya Indonesia.    “Kegiatan pendukung Hajatan Rakyat Akbar ini, diselenggarakan di 14 titik di berbagai penjuru Kota Solo, mengusung tema  'Pundak Harapan Rakyat, Hajatan Rakyat'," ucap Karaniya.   Karaniya mengungkapkan, usai Hajatan Rakyat di Solo, Ganjar-Mahfud juga akan hadir pada Hajatan Rakyat Semarang, yang akan dimulai pada siang hari di Simpag Lima Kota Semarang.   Selain dihadiri para tokoh nasional, lanjut Karaniya, Hajatan Rakyat Solo dan Hajatan Rakyat Semarang juga akan menampilkan  deretan seniman legendaris yang akrab dengan rakyat, di antaranya Butet Kartaredjasa, NDX AKA, Rara Lida, Lala Widhy, Mala Agatha, Vega, Grup Band Slank, Nassar, Nella Kharisma, Woro Widowati, Danang, Cak Lontong, Oppie Andaresta,  Duet Spesial Alam Ganjar dan NDX AKA, Yenny Wahid, dan Once Mekel.  

  “Hajatan Rakyat Semarang menjadi hajatan pamungkas. Mas Ganjar dan Prof Mahfud akan berbaur Bersama masyarakat untuk menyuarakan tekad bulat untuk terus menjaga dan mengawal Indonesia sebagai sebuah Republik yang demokratis,” ujar Karaniya.   Karaniya menyampaikan, ada tiga pesan penting yang akan disampaikan dwitunggal Ganjar-Mahfud, pada Hajatan Rakyat, baik di Solo maupun Semarang. Pesan yang akan disampaikan terkait pentingnya kecintaan rakyat kepada pemimpinnya, menjaga dan merawat demokrasi sebagai budaya bangsa, serta merapatkan barisan untuk menegakkan kesakralan demokrasi ke seluruh penjuru negeri.   Salah satu rangkaian kegiatan Hajatan Rakyat yang menarik, kata Karaniya, yakni meruwat Gedung Balai Kota Surakarta sebagai simbol kekuasaan saat ini. Ruwatan dimaksudkan sebagai simbol kecintaan rakyat Solo Raya kepada pemimpinnya, revolusi cinta dilakukan agar segala keburukan, serta gangguan di pusat kekuasaan kembali mendapatkan keselamatan, kewarasan, dan ketenteraman.  

  Ruwatan dalam tradisi masyarakat Jawa adalah sebuah permintaan tulus  kepada Tuhan Yang Maha Esa agar terbebas dari segala bentuk bahaya dan bencana,  serta untuk mendapatkan keselamatan dan kebaikan dalam menjalani kehidupan.    “Dalam ruwatan ada beberapa ritual pendukung seperti lakon Wayang, Sesajen, Bunga, dan Barang-barang lainnya yang dianggap dapat mendukung tercapainya maksud dari ruwatan,” ujar dia.   Meruwat Gedung Balai Kota, jelas Karaniya, berarti membersihkan Gedung Balai Kota yang menjadi simbol kekuasaan dari segala macam bentuk kotoran, kesialan, bencana, dan bahaya.    “Harapannya, kekuasaan akan kembali berpihak kepada rakyat Solo Raya,” pungkasnya.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #hari #kampanye #terakhir #pilpres #2024 #ganjar #mahfud #akan #orasi #pamungkas #solo #semarang

KOMENTAR