Mengenal Moda Transportasi Damri dan 7 Layanannya
Transportasi Damri./Damri.co.id
18:32
9 Februari 2024

Mengenal Moda Transportasi Damri dan 7 Layanannya

 

DAMRI merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang transportasi jalan.

Berkantor pusat di Jakarta, DAMRI saat ini memiliki 4 Divisi Regional, serta 44 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Berdiri sejak 25 November 1946, DAMRI mempunyai visi menjadi Perusahaan transportasi jalan kelas dunia yang berkinerja unggul dan berkelanjutan dengan memberikan pelayanan yang berkualitas bagi pelanggan untuk mendukung konektivitas nasional.

Perum DAMRI dan Perum PPD resmi bergabung berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 30 tahun 2023 tentang Penggabungan Perum PPD ke dalam Perum DAMRI tanggal 6 Juni 2023.

Dalam PP tersebut dijelaskan bahwa Perum PPD dinyatakan bubar tanpa likuidasi dengan ketentuan segala hak dan kewajiban serta kekayaan Perum PPD beralih karena hukum kepada PERUM DAMRI.

Perum DAMRI menghadirkan inovasi digital berupa DAMRI Apps untuk layanan transportasi pemesanan tiket online yang bisa diakses melalui aplikasi mobile dan dapat diunduh melalui Play Store dan Apps Store.

Dilansir dari Damri.co.id, Jumat (9/2), Damri kini juga sudah menjadi angkutan untuk menghubungkan transportasi Internasional.

DAMRI, perusahaan BUMN satu-satunya di bidang transportasi jalan secara resmi mengumumkan peluncuran layanan perjalanan internasional terbaru dari Singkawang, Kalimantan Barat menuju Kuching, Malaysia sebagai bagian dari upaya untuk memperluas jaringan global.

Bukan cuman transportasi yang menghubungkan singkawang dengan malysia, ternyata Damri memiliki beberapa pelayanan yang sangat membantu jika dibutuhkan.
Berikut ini adalah beberapa layanan yang dimiliki oleh Damri.

1. Angkutan antar kota.

Terdiri dari Angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

AKDP adalah angkutan dari satu kota ke kota lain yang melalui kabupaten/kota dalam satu daerah provinsi dengan menggunakan bus umum yang terikat dalam trayek
Sedangkan AKAP adalah angkutan dari satu kota ke kota lain yang melalui antar daerah kabupaten/kota yang melalui lebih dari satu daerah provinsi dengan menggunakan bus umum yang terikat dalam trayek Layanan ini tersebar di lebih dari 20 kantor cabang DAMRI di seluruh Indonesia.

DAMRI angkutan antarkota dilayani dengan kelas non-ekonomi (atau kelas komersil) yang seperti Bisnis, Eksekutif, Royal dengan beberapa jurusan seperti Bogor - Purwokerto, Jakarta - Yogyakarta , Jakarta - Malang.

2. Angkutan Kota

Melayani kebutuhan transportasi masyarakat dalam trayek perkotaan melalui layanan Jabodetabek Residence Connexion (JRC).

“DAMRI terus meningkatkan layanannya dengan menghadirkan bus Angkutan Perkotaan di seluruh Indonesia , sebagai fasilitas bagi masyarakat untuk melakukan mobilitas di dalam kota. Jaringan pelayanan meliputi 9 (sembilan) kota besar di seluruh Indonesia meliputi Jabodetabek, Medan, Batam, Palembang, Bandar Lampung, Bandung, Surabaya, Makassar, Kendari dan Manado.

3. Angkutan Bandara

Tersebar di lebih dari 10 kantor cabang DAMRI di seluruh Indonesia, Angkutan Bandara melayani rute dari dan menuju Bandara melalui Angkutan Apron Airport, Angkutan Shuttle Antar Terminal, dan Angkutan Jabodetabek Airport Connexion (JAC).

Segmen Angkutan Bandar udara ini tidak hanya melayani wilayah Ibu Kota Jakarta saja, namun sudah hampir menjangkau Bandar udara-bandar udara yang ada di wilayah Indonesia. Pelayanan yang berorientasi pada kepuasan pelanggan ini akan terus memberikan pelayanan terbaiknya dengan tarif relatif terjangkau, aman dan nyaman.

4. Angkutan pariwisata

Melayani angkutan pariwisata dengan menggunakan kendaraan jenis microbus HiAce dan medium yang mengantarkan menuju wilayah di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional yang tersebar di beberapa kota, seperti Medan, Yogyakarta, Malang, Padang, Banyuwangi, Mataram, Serang, Manado, Ponorogo, Pangkal Pinang, dan Kendari.

DAMRI juga mendukung program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Untuk mendukung pertumbuhan pariwisata dalam negeri, DAMRI terus berkontribusi dalam menambah armada di kawasan strategis pariwisata, sehingga dapat mengakomodasi wisatawan domestik dan mancanegara.

5. Angkutan Logistik

DAMRI bekerjasama dengan Kereta Api Logistik untuk melayani pengiriman barang dengan menggunakan bagasi bus.

DAMRI juga melayani pengiriman barang dengan menggunakan truk yang bernama dagang sebagai DAMRI Logistik.

DAMRI bekerjasama dengan PT Pos Indonesia (Persero) untuk tujuan Medan, Dumai, Surabaya dan Mataram di jalur primer dan sekunder.

DAMRI Logistik juga melayani angkutan barang sebagai layanan terusan dari PT Kereta Api Logistik serta pihak swasta lainnya.

6. Angkutan perintis

Melayani daerah-daerah 3TP (Tertinggal, Terluar, Terdepan, dan Perbatasan) yang belum dilayani oleh perusahaan angkutan lain.

Angkutan ini bertujuan untuk melancarkan konektivitas nasional sebagai upaya menjangkau daerah-daerah yang ada di pelosok negeri, serta memenuhi kebutuhan transportasi para masyarakat di wilayah tersebut.

7. Angkutan lintas batas

Angkutan antarnegara atau dikenal dengan antar lintas batas negara yang disingkat jadi ALBN adalah angkutan dari satu kota ke kota lain yang melewati lintas batas negara dengan menggunakan mobil bus umum yang terikat dalam trayek. 

DAMRI mempelopori transportasi lintas-batas antar negara Indonesia dan Malaysia, dengan melayani trayek dari Pontianak (Indonesia) tujuan Kuching (Malaysia).

Selain itu DAMRI juga telah membuka layanan baru dari Pontianak menuju Bandar Seri Begawan (Brunei).

Melayani rute dari Pontianak (Indonesia) menuju Kuching (Malaysia) dan Bandar Sri Begawan (Brunei), serta Kupang menuju Dili (Timor Leste).

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #mengenal #moda #transportasi #damri #layanannya

KOMENTAR