Stan UMKM Bandara Dhoho Kediri Sudah Mulai Buka dan Ramai Pembeli
6 produk kota Madiun bakal dijual di bandara dhoho kediri (Antara)
11:24
9 Pebruari 2024

Stan UMKM Bandara Dhoho Kediri Sudah Mulai Buka dan Ramai Pembeli

- Bandara Dhoho Kediri adalah sebuah bandar udara yang sekarang sedang dibangun di Kabupaten Kediri, sekitar 12 kilometer barat laut Kota Kediri, atau 18 kilometer arah tenggara dari pusat kota Kabupaten Nganjuk, dan berjarak 130 kilometer barat daya Kota Surabaya.

Kini Bandara Dhoho hampir rampung dan PT Angkasa Pura I melakukan uji coba operasional dengan membuka Bandar Udara Dhoho Kediri, Jawa Timur, dan dapat dikunjungi oleh masyarakat umum menjelang dimulainya operasional bandara tersebut dalam waktu dekat.

Para pengunjung hanya cukup membayar biaya parkir saja untuk bisa memasuki area bandara ini. Menurut laporan, masyarakat yang berkunjung di Bandara Dhoho akan dikenai tarif parkir Rp 4000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat, serta Rp 15.000 untuk kendaraan diatas empat roda atau lebih.

Setelah beberapa waktu lalu UMKM di Bandara Dhojo belum beroperasi sesuai jadwal, kini Stan UMKM Bandara tersebut sudah mulai bukan dan ramai pembeli.

Momentum libur panjang Isra Miraj dan Imlek ini juga menjadi peluang UMKM untuk memasarkan produknya ke pengunjung Bandara Dhoho. Banyak stan UMKM minuman dan makanan yang sudah buka dan menjajakan jajanannya kepada para pengunjung Bandara Dhoho.

Dilansir dari Radar Kediri Jumat (9/2), Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Kopusmik) Kabupaten Kediri Mamiek Amiyati mengatakan, stan UMKM baru beroperasi mulai kemarin.

Tiga stan yang terletak di sisi timur terminal umum itulah yang diserbu pengunjung. “Ini (kemarin, Red) adalah hari pertama beroperasinya stan UMKM di bandara,” kata Mamiek.

Total ada tiga stan yang berdampingan di sana. Stan paling utara menjual craft atau kerajinan tangan. Kemudian, bagian tengah menjual makanan dan minuman (mamin). Adapun stan paling selatan menjual produk olahan kopi.

Lebih jauh Mamiek menyebut, pembukaan stan UMKM tersebut molor dari jadwal yang ditentukan. Sedianya stan sudah mulai dibuka pada 1 Februari. Namun, karena ada beberapa kendala baru bisa dibuka kemarin. “Yang menentukan kapan akan dibuka itu PT Angkasa Pura I,” lanjut Mamiek.

Banyak produk yang sudah dijual di stand minuman dan makanan di Bandar Dhoho. Menurut sumber ada sekitar 70 produk yang semuanya berasal dari UMKM Kabupaten Kediri.

Walaupun stan UMKM sudah beroperasi, perlu diketahui bahwa taksi bandara yang seharusnya beroperasi, hingga kini belum ada trayek yang ada disana. Menurut jadwal diketahui bahwa seharusnya UMKM dan taksi bandara beroperasi secara bersamaan.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #stan #umkm #bandara #dhoho #kediri #sudah #mulai #buka #ramai #pembeli

KOMENTAR