Susul PKB, Caleg PKS di Banten Dukung Prabowo-Gibran, Siap Dipecat?
Caleg PKS di Banten Rifqy (Tengah) menyatakan dukungan kepada Prabowo-Gibran. [Suara.com/Yandi Sofyan]
06:40
9 Februari 2024

Susul PKB, Caleg PKS di Banten Dukung Prabowo-Gibran, Siap Dipecat?

Sejumlah caleg partai pendukung capres-cawapres Paslon 01 Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar (AMIN) di Banten membelot mendukung paslon 02 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran).

Setelah sebelumnya dua caleg dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendeklarasikan dukung kepada Prabowo-Gibran. Kini, giliran Rifqy salah satu caleg PKS atau Partai Keadilan Sejahtera mendukung paslon nomor urut 02 itu.

Tidak sendiri, Rifqy didampingi para pendukungnya saat mendeklarasikan saat mendeklarasikan dukungan terhadap paslon 02 Prabowo-Gibran di Posko Santri Milenial Banten, Kecamatan Walantaka, Kabupaten Serang.

Rifqy kemudian menyerukan dan memerintahkan kepada para simpatisannya untuk turut serta memenangkan paslon 02 Prabowo-Gibran di Kabupaten Serang.

"Saya akan serukan dan perintahkan para pendukung saya untuk turut serta memenangkan Prabowo-Gibran," kata Rifqy membacakan pernyataan sikapnya.

Kata Rifqy, ia mengalihkan dukungannya dikarenakan peran Santri Milenial Banten yang memperkenalkan paslon 02 Prabowo-Gibran dengan sangat santun dan penuh edukasi.

"Sikap saya tegas. Mudah-mudahan membawa kebaikan untuk kita semua dan dapat diikuti oleh caleg-caleg PKS lainnya," tegasnya.

Diakui Rifqy, menigkatnya kepercayaan publik terhadap sosok Presiden Jokowi turut mempengaruhi dirinya mengalihkan dukungan lantaran visi misi paslon 02 Prabowo-Gibran meneruskan program pembangunan Jokowi.

"Hal ini (program Jokowi) perlu dilanjutkan dan disempurnakan," ujarnya.

Karenanya, Rifqy dengan tegas menyatakan siap menerima segala resiko dan konsekuensi dari pernyataan sikapnya yang tak sejalan dengan intruksi partai untuk memenangkan paslon 01 Anies - Cak Imin.

"Resiko (dipecat) siap, saya siap terima itu," kata Rifqy.

Sementara itu, Dewan Pembina Santri Milenial Banten, KH Matin Syarkowi mengungkapkan, sosok Jokowi turut memberikan efek besar terhadap para caleg dari koalisi paslon lain untuk beralih mendukung Prabowo-Gibran.

Menurutnya, sebetuknya tak hanya ada satu caleg PKS yang mendukung paslon 02 Prabowo - Gibran, namun yang lain masih belum memiliki keberanian untuk melakukan pembelotan.

"Dari PKS yang berani ini, yang berani deklarasi terbuka. Tapi sesungguhnya caleg-caleg PKS yang lain juga ada, hanya tidak berani deklarasi," kata KH Matin.

Sebelumnya, Dua caleg PKB Banten melakukan pembelotan dengan mendeklarasikan diri mendukung paslon 02 Prabowo - Gibran yang digelar di Posko Santri Milenial Banten pada Rabu (17/1/2024) lalu.

Kedua caleg PKB itu yakni Enung Nurhayati yang merupakan caleg DPRD Provinsi Banten dapil Kabupaten Pandeglang, sementara Euis Rahmawati merupakan caleg DPRD Kabupaten Pandeglang.

Keduanya kini telah dipecat oleh PKB lantaran mendukung Prabowo-Gibran, lalu bagaimana kira-kira nasib Rifqy caleg PKS yang juga menyatakan dukungan ke paslon nomor urut 02.

Editor: Hairul Alwan

Tag:  #susul #caleg #banten #dukung #prabowo #gibran #siap #dipecat

KOMENTAR