Ditemani Gibran, Prabowo Bertemu Jokowi di Solo
Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Presiden RI terpilih Prabowo Subianto menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di kediamannya di Sumber, Solo, Jawa Tengah, pada Minggu (13/10). (Instagram Jokowi)
13:08
14 Oktober 2024

Ditemani Gibran, Prabowo Bertemu Jokowi di Solo

– Masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tinggal seminggu lagi. Pada hari-hari terakhir ini, Jokowi makin sering berdiskusi dengan Prabowo Subianto. Kemarin (13/10) keduanya kembali bertemu.Kali ini, pertemuan di kediaman Jokowi di Solo itu diikuti wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Prabowo dan Gibran tiba di rumah Jokowi di Jalan Kutai Utara I, Kelurahan Sumber, Banjarsari, pukul 14.15 WIB. Gibran menjemput Prabowo di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali. Pantauan Jawa Pos Radar Solo, pertemuan tertutup itu berlangsung kurang lebih 90 menit. Prabowo meninggalkan kediaman Jokowi pukul 15.45. Dia tidak memberikan pernyataan apa pun seusai bertemu dengan Jokowi. Prabowo langsung menuju bandara dan kembali ke Jakarta.

Sebelum pertemuan itu, Gibran menyatakan bahwa dirinya telah menyerahkan susunan menteri kepada Prabowo. Namun, untuk keputusan akhir, termasuk jumlah menteri yang membantu presiden, Gibran menyerahkannya kepada Prabowo selaku pemilik hak prerogatif.

”Saya yakin beliau (Prabowo, Red) sudah memilih personel-personel yang tepat. Personel-personel yang memang expertise (ahli) di bidang masing-masing,” kata Gibran seusai blusukan di Pasar Tradisional Ampel dan KUD Musuk, Minggu (13/10) pagi. Gibran meminta publik untuk menunggu hasil penyusunan kabinet.

Pada kesempatan itu, Gibran belum bisa memastikan berapa jumlah kementerian dalam pemerintahan baru. Dia kembali menegaskan bahwa hal tersebut diserahkan sepenuhnya kepada Prabowo. ”Kita tunggu saja, yang jelas saya menghormati keputusan beliau dan saya loyal pada semua keputusan Pak Presiden terpilih,” ujarnya.

Terpisah, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno ketika dihubungi Jawa Pos tak mau banyak berkomentar terkait pertemuan Prabowo dengan Jokowi dan Gibran. ”Silaturahmi kebersamaan dan keberlanjutan. Itu tema utamanya,” katanya singkat.

Jokowi dan Prabowo belakangan memang kerap bertemu. Selasa lalu, mereka makan malam di Hutan Kota Plataran. Pertemuan itu berlangsung 2,5 jam. Pada Kamis (10/10), Jokowi pun membenarkan adanya pertemuan tersebut. ”Membahas banyak banget. Ada politik, ada urusan ekonomi,” ungkapnya. (tyo/wan/lyn/rgl/atn/c7/oni)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #ditemani #gibran #prabowo #bertemu #jokowi #solo

KOMENTAR