KSAD Ingatkan Danrem dan Dandim untuk Amankan Pilkada Serentak dengan Maksimal
KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak dalam Apel Dandim-Danrem di Jakarta pada Kamis (10/10). (Foto: TNI AD)
16:40
10 Oktober 2024

KSAD Ingatkan Danrem dan Dandim untuk Amankan Pilkada Serentak dengan Maksimal

- Perhelatan Pilkada serentak 2024 menjadi perhatian besar agar berlangsung secara aman. Tidak hanya bagi Polri, TNI pun demikian. Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak meminta para komandan Korem dan Kodim untuk maksimal melakukan pengamanan.

”Untuk evaluasi dan bagaimana kita nanti ke depannya lebih berfungsi untuk mendukung program-program pemerintah, juga untuk keamanan pengamanan pilkada serentak,” ujar Maruli usai memimpin apel Komandan Kodim (Dandim) - Komandan Korem (Danrem) di Jakarta, Kamis (10/10).

Apel tersebut juga dihadiri panglima kodam (pangdam) dan pejabat utama TNI AD. Dalam apel tersebut, TNI AD melakukan evaluasi dan membahas soal persiapan bantuan pengamanan pilkada serentak yang berlangsung pada November mendatang.

Maruli memastikan bantuan pengamanan pilkada sudah disiapkan oleh TNI AD sampai ke level daerah. Perencanaan pun dipastikan sudah matang. Karena itu, pembahasan mengenai bantuan pengamanan pilkada serentak tidak sampai detail. Dia yakin seluruh jajaran Angkatan Darat mampu melaksanakan tugas itu secara maksimal.

”Karena semua di daerah sudah ada, sudah direncanakan semua dengan baik. Kami sudah cek, kami hanya meyakinkan mereka (para dandim serta danrem) akan melaksanakan pengamanan pilkada dengan sebaik-baiknya,” ungkap Maruli.

Orang nomor satu di TNI AD itu menyampaikan bahwa persiapan bantuan pengamanan pilkada serentak sudah dilakukan sejak jauh hari. Karena itu Angkatan Darat percaya diri mereka mampu melaksanakan tugas itu dengan baik. Apalagi sinergi antara TNI dengan Polri juga sudah terlaksana dengan baik. Persiapan pun sudah dilakukan dengan matang.

Jenderal Maruli pun menegaskan, seluruh jajaran TNI AD netral. Meski banyak purnawirawan Angkatan Darat yang menjadi peserta pilkada, dia memastikan tidak ada keberpihakan dari TNI AD. ”Beliau-beliau kan sudah sipil, punya hak untuk mendaftar. Dan mereka ini sudah tidak punya lagi komando ke dalam. Jadi, kami di dalam tinggal bilang saja, kita harus netral, saya kira nggak ada permasalahan di kami,” tegasnya.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #ksad #ingatkan #danrem #dandim #untuk #amankan #pilkada #serentak #dengan #maksimal

KOMENTAR