Cara Cek Formasi PPPK 2024 untuk Periode Pertama dan Kedua
Ilustrasi cara cek formasi PPPK 2024 (freepik)
14:56
10 Oktober 2024

Cara Cek Formasi PPPK 2024 untuk Periode Pertama dan Kedua

Sudah tahu belum, kalau pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2024 dibagi menjadi dua periode? Bagaimana pula cara cek formasi PPPK 2024?

Para pelamar perlu mengetahui cara cek formasi PPPK 2024 untuk memastikan adanya lowongan di posisi dan instansi yang dituju. Sebab untuk seleksi PPPK tahun ini dibuka dengan persyaratan khusus yang tidak bisa dipenuhi oleh semua pencari kerja.

Periode yang pertama seleksi PPPK 2024 berlangsung mulai tanggal 1 sampai dengan 20 Oktober 2024. Sedangkan yang kedua akan dimulai pada tanggal 17 November sampai 31 Desember 2024 mendatang.

Pendaftaran PPPK 2024 periode pertama ditujukan bagi Pelamar Prioritas, seperti Guru dan Bidan D-IV lulusan tahun 2023, eks Tenaga Honorer Kategori II (THK-II), serta Tenaga non-ASN yang terdaftar di database BKN.

Baca Juga: PPPK 2024 untuk Fresh Graduate Apakah Bisa? Begini Jawaban Menpan RB

Sedangkan periode kedua khusus bagi tenaga non-ASN yang masih aktif bekerja di instansi pemerintah, termasuk lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang melamar formasi guru di instansi-instansi daerah.

Bagi kamu yang ingin mendaftarkan diri pada seleksi pengadaan PPPK 2024, perlu disimak terlebih dahulu informasi mengenai formasi yang tersedia. Lantas, bagaimana cara cek formasi PPPK 2024? Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Cek Formasi PPPK 2024

Informasi formasi PPPK 2024 bisa diketahui melalui portal SSCASN BKN dan situs resmi instansi yang hendak dilamar. Jadi sebelum mendaftar, kamu disarankan untuk memeriksa formasi yang tersedia melalui laman SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id.

Sebagaimana dikutip dari laman SSCASN BKN, berikut ini adalah cara cek formasi PPPK 2024 di SSCASN yang perlu kamu perhatikan:

Baca Juga: Apakah Tenaga Honorer Auto Jadi PPPK 2024? Cek Faktanya di Sini!

  • Pertama, silakan kamu akses laman SSCASN BKN di https://sscasn.bkn.go.id 
  • Kemudian, geser ke bawah pada halaman utama portal SSCASN;
  • Lalu, silakan masukkan jenjang pendidikan terakhir pada fitur pencarian formasi;
  • Pilih program studi dan masukkan nama instansi yang dituju;
  • Setelah itu, masukkan Jenis Pengadaan, pilih PPPK Guru, PPPK Teknis, atau PPPK Tenaga Kesehatan;
  • Kemudian silakan klik tombol 'Cari' dan nantinya sistem SSCASN akan memunculkan daftar formasi PPPK 2024 sesuai data yang dimasukkan.

Selain informasi mengenai formasi PPPK 2024, tersedia juga informasi soal tugas jabatan, jumlah kebutuhan formasi, serta besaran penghasilan yang akan diterima.

Informasi formasi PPPK 2024 juga bisa diketahui melalui akun dan/atau situs resmi instansi yang hendak kamu lamar. Instansi yang membuka formasi untuk pengadaan PPPK 2024 tentunya juga merilis informasi pengumuman soal formasi yang tersedia beserta persyaratannya.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #cara #formasi #pppk #2024 #untuk #periode #pertama #kedua

KOMENTAR