10 Oktober Diperingati sebagai Hari Kesehatan Mental Sedunia, Berikut Tema dan Asal Usulnya!
Peringatan Hari Mental Sedunia dengan tema ''Mental Health at Work''
11:40
10 Oktober 2024

10 Oktober Diperingati sebagai Hari Kesehatan Mental Sedunia, Berikut Tema dan Asal Usulnya!

 

Hari Kesehatan Mental sedunia merupakan bentuk peringatan secara global yang didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran Masyarakat luas tentang kesehatan mental.

Mengingat mental menjadi salah satu bagian paling vital yang mempengaruhi kesehatan dalam diri manusia.

Selain untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan mental, hari kesehatan mental sedunia juga bertujuan untuk mengurangi stigma negative tentang mental sekaligus menggaungkan pentingnya memiliki esejahteraan mental.

Hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan mental sangat perlu untuk terus digaungkan terlebih dalam konteks yang labih kompleks.

Hal ini tentunya berupa kesempatan secara terbuka yang lebih besar bagi publik untuk membicarakan tentang kesehatan mental, mengurangi stigma terkait penyakit mental dan mengadvokasi suatu individu untuk menciptakan lingkungan yang saling support terkait kesehatan mental.

Tema Hari Kesehatan Mental Sedunia 2024

Hari Kesehatan Mental Sedunia atau yang disebut sebagai ‘World Mental Health Day’ tahun 2024 mengangkat tema ‘Mental Health at Work’ atau kesehatan mental di tempat kerja yang dikutip dari laman ‘World Health Organization’ pada Kamis (10/10).

Dengan mengangkat tema tersebut, WHO bekerja sama dengan para mitra untuk menyoroti hubungan penting antara kesehatan mental dengan pekerjaan.

Lingkungan kerja yang sehat dan aman akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan mental para pekerjanya.

Begitupun sebaliknya, lingkungan yang tidak sehat seperti adanya stigma, diskriminasi, atau pelecehan dapat menimbulkan risiko yang signifikan dan dapat mempengaruhi kesehatan mental yang mengarah ke kualitas hidup secara keseluruhan.

Pada dasarnya, lingkungan kerja yang mendukung dapat meningkatkan kesehatan mental dan membuat pekerja dapat lebih konsetrasi dan produktivitas serta menghasilkan kepuasan kerja.

Begitupun sebaliknya, lingkungan kerja yang buruk dan tidak supportif dapat membahayakan kesehatan mental yang mengurangi produktivitas kerja.

Oleh karenanya, penting bagi para pemerintah, pengusaha atau pemangku kepentingan dalam pekerjaan untuk bertanggung jawab dengan menjaga kesehatan mental pekerja dengan saling bekerjasama guna menciptakan lingkungan kerja yang sehat.

Cara Berpartisipasi dalam Peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia 2024

Dengan berpartisipasi dalam Hari Kesehatan Mental Sedunia memungkinkanmu untuk turut berkontribusi dalam peningkatan kesadaran terkait dukungan kesehatan mental.

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk turut berpartisipasi:

  1. Mulai percakapan tentang kesehatan mental baik dengan keluarga, teman atau kolega untuk menghapus stigma negative dan menciptakan ruang aman untuk diskusi
  2. Menghadiri webinar atau acara komunitas yang berfokus pada kesehatan mental
  3. Bagikan beberapa sumber pengetahuan terkait kesehatan mental di sosial mediamu baik berupa artikel, postingan, atau apapun yang berkaitan dengan kesehatan mental
  4. Berikan dukungan kepada organisasi kesehatan mental baik dengan cara turut berdonasi atau bergabung menjadi sukarelawan pada organisasi yang berdedikasi atas dukungan kesehatan mental
  5. Lakukan perawatan diri yang bisa meningkatkan kesehatan mental diri sendiri dengan kegiatan yang membuatmu nyaman seperti journaling, olahraga atau perawatan ke salon.

Asal Usul Hari Kesehatan Mental Sedunia

Hari Kesehatan Mental Sedunia ini diperingati pada tanggal 10 Oktober tiap tahunnya.

Pertama kali diperingati pada tahun 1992 atas Prakarsa World Federation for Mental Health (WFMH) yang merupakan sebuah organisasi kesehatan mental global dengan anggota lebih dari 150 negara.

Sejak awal ditetapkan, hari tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran seputar kesehatan mental beserta strategi advokasi kesehatan mental dan mobilisasi Upaya dukungan untuk meningkatkan kesejahteraan mental di seluruh dunia.

Setiap tahun, Hari kesehatan mental berfokus pada tema tertentu yang mulai dikenalkan sejak tahun 1994 dengan tema “Meningkatkan Kualitas Layanan Kesehatan Jiwa di Seluruh Dunia.”

Seiring berjalannya waktu, hari kesehatan mental sedunia kemudian berkembang menjadi platform strategis bagi para pemangku kepentingan baik organisasi maupun individu untuk mencanangkan program khusus yang berfokus pada kesehatan mental.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #oktober #diperingati #sebagai #hari #kesehatan #mental #sedunia #berikut #tema #asal #usulnya

KOMENTAR