Prabowo Tegaskan Indonesia Bangun Kapal Fregat Merah Putih di Dalam Negeri
Menhan Prabowo Subianto menandatangani kerja sama pembangunan Kapal Fregat Merah Putih. (Biro Humas Setjen Kemhan)
20:24
9 Oktober 2024

Prabowo Tegaskan Indonesia Bangun Kapal Fregat Merah Putih di Dalam Negeri

–Fregat Merah Putih menjadi salah satu pekerja besar industri pertahanan (inhan) dalam negeri. Kementerian Pertahanan (Kemhan) mempercayakan pembangunan dua kapal perang baru untuk TNI AL itu kepada PT PAL Indonesia yang bermarkas di Surabaya, Jawa Timur.

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memastikan bahwa Indonesia membangun kapal perang Fregat Merah Putih di dalam negeri. Komitmen tersebut disampaikan Menhan Prabowo sejak jauh hari.

”Ini sangat membanggakan. Berarti kita membuat sejarah kapal perang terbesar dan seratus persen dibuat oleh putra-putri Indonesia,” ungkap Prabowo saat meninjau pembangunan kapal perang Fregat Merah Putih di galangan PT PAL Indonesia pada awal 2024 lalu.

Dengan kemampuan TNI AL dan PT PAL Indonesia yang terus meningkat, Prabowo yakin Indonesia bisa memiliki kekuatan maritim hebat. Prabowo menegaskan komitmennya untuk terus memperkuat Angkatan Laut Indonesia.

”Kita harus punya kekuatan Angkatan Laut yang kuat untuk menjaga perairan kita, kedaulatan kita. Saya akan berjuang terus untuk meningkatkan kemampuan Angkatan Laut. Beli alat-alat baru, tetapi juga memperbaiki alat-alat yang ada untuk mempersiapkan diri,” terang Prabowo yang juga mantan panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) itu.

Pembangunan Fregat Merah Putih oleh PT PAL Indonesia juga bekerja sama dengan Rosyth Royal Dockyard Ltd atau Babcock. Perusahaan itu bermitra dengan PT PAL Indonesia sebagai penyedia desain arrowhead 140 untuk pengadaan dua kapal perang Fregat Merah Putih.

Merujuk pada keterangan resmi yang dikeluarkan PT PAL Indonesia, Fregat Merah Putih akan dibangun dalam waktu 69 bulan atau lebih kurang lima sampai enam tahun.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #prabowo #tegaskan #indonesia #bangun #kapal #fregat #merah #putih #dalam #negeri

KOMENTAR