Viral Video Toyor Istri, Gus Miftah Disorot dalam Memperlakukan Perempuan
Gus Miftah memberikan keterangan kepada awak media seusai kedatangan Presiden Jokowi ke Ponpes Ora Aji di Sleman, Kamis (19/9/2024). [Suarajogja.id/Hiskia Andika Weadcaksana]
11:40
9 Oktober 2024

Viral Video Toyor Istri, Gus Miftah Disorot dalam Memperlakukan Perempuan

Perilaku kesopanan penceramah kondang Miftah Maulana Habiburrahman atau Gus Miftah, terutama terhadap perempuan, kini semakin dipertanyakan setelah videonya seperti menoyor istrinya viral di jagat maya.

Pimpinan Pondok Pesantren Ora Aji ini bahkan menyampaikan, perbuatan itu termasuk gaya bercanda dalam rumah tangganya, namun dinilai Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) sebagai pernyataan yang keliru atau blunder.

"Sekuat apapun meng-counter (bahwa) itu bercanda, masyarakat bisa berpikir 'kok segitunya bercanda' dan sekalipun mengatakan itu diedit sedemikian rupa seolah-olah kelihatannya repetitif dan kelihatannya melakukan tindak kekerasan, apapun itu saya mewakili Koalisi Perempuan mengembalikan cara Gus Miftah dalam berkomunikasi ke publik, bagaimana well manner, kepatutannya," kata Sekjen KPI Mike Verawati kepada , dihubungi Selasa (8/10/2024).

Dalam klarifikasinya, Gus Miftah juga menyampaikan kalau sang istri, Ning Astuti, baik-baik saja dengan perlakuannya.

Baca Juga: Siapa Risyad Bayasud? Sebut Gus Miftah Cuma Ngeles saat Klarifikasi Video Toyor Kepala Istri

Namun, menurut Mike, pernyataan tersebut juga tak bisa dijadikan acuan karena bukan Ning Astuti sendiri yang menyampaikannya, melainlan dari perspektif Gus Miftah.

Mike menyebut kalau Gus Miftah sendiri tidak menggunakan kaidah atau standar kepatutan ketika berperilaku di depan umum.

Gus Miftah menggoyangkan kepala istri (TikTok)Gus Miftah menggoyangkan kepala istri (TikTok)

"Menurut saya counter narasi yang dikatakan bahwa menoyor kepala itu dikatakan bercanda, ini pendapat siapa? Apalagi kalau dilihat anak-anak, karena masyarakat juga banyak persepsi yang beda-beda. Menurut saya sebagai publik figur mungkin belum memiliki perspektif, sehingga perilaku yang seperti itu saja dikatakan bercanda," tuturnya

Pendakwah asal Lampung itu pun diingatkan untuk menjaga sikap ketika berada di ruang publik. Karena bisa jadi perilaku justru dicontoh oleh pengikutnya.

"Seorang publik figur sebisa mungkin memisahkan mana ruang publik, di mana ruang pribadi. Jangan disamakan dengan standar publik, Gus Miftah ini miss leading bagaimana meng-counter ini," ujar Mike.

Baca Juga: Perlakuan Gus Miftah Toyor Kepala Istri Dikritik Aktivis Perempuan: Masuk Kategori Kekerasan!

Sebagaimana diketahui, dalam video yang viral, tampak semula Gus Miftah dan Ning Astuti duduk berdampingan seraya menikmati konser Denny Caknan.

Lalu tiba-tiba, Gus Miftah mengulurkan tangannya ke arah sang istri dan mengguncang-guncangkan kepala Ning Astuti dengan keras hingga tampak seperti menoyor. Ning Astuti sendiri hanya diam dan tersenyum kecil menerima perlakuan sang suami.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #viral #video #toyor #istri #miftah #disorot #dalam #memperlakukan #perempuan

KOMENTAR