Gibran Mendapat Penilaian Tinggi dari Lutfi di Debat Cawapres
Gibran saat debat cawapres. [Ist]
20:32
30 Januari 2024

Gibran Mendapat Penilaian Tinggi dari Lutfi di Debat Cawapres

Mantan Menteri Perdagangan Republik Indonesia (Mendag RI) Muhammad Lutfi memberikan skor rata-rata 8,625 untuk Gibran Rakabuming Raka saat melakukan debat calon wakil presiden (Cawapres).

Skor itu berasal dari penilaian 4 hal. Yakni, komunikasi, visi-misi, kharisma, dan respon.

Penilaian Lutfi itu disampaikannya dan diunggah di akun TikTok @mmd.lutfi. Untuk aspek komunikasi, Gibran disebut Lutfi mampu menunjukkan kematangan yang luar biasa.

"Dalam aspek komunikasi beliau menunjukkan kematangan yang luar biasa untuk seseorang yang berada direntang umur 30-an tahun. Skor (Komunikasi) 8,0," ucapnya, disadur Selasa (30/01/2024).

Ia mengatakan, Gibran juga berhasil menyampaikan pesan yang sangat jernih dan efektif. Khususnya dalam hal visi dan misi.

Bagi Lutfi, putra sulung Presiden Joko Widodo itu menunjukkan pemahaman soal visi-misinya. Bahkan katanya, hal itu cukup mendalam.

"Dia (Gibran) juga berhasil menyampaikan pesan yang sangat jernih dan efektif. Dalam hal visi dan misi, bahwa Mas Gibran menunjukkan pemahaman yang mendalam terhadap isu-isu teknologi dan inovasi Indonesia. Memberinya skor (visi) 8,5," jelasnya.

Menurut pria yang lahir pada 16 Agustus 1969 itu, kharisma Gibran tak terbantahkan saat debat cawapres. Ia menarik perhatian penonton

Semangat muda yang dibawa Gibran menjadi fokus Lutfi dalam penilaian kharisma tersebut. Skor yang diberikan pun tinggi.

"Kharismanya tidak terbantahkan, karena dia mampu menarik perhatian penonton dengan semangat mudanya. Skor (kharisma) 9,0," terangnya.

Soal respon, kata Lutfi, Gibran bisa memberikan tanggapan kepada pertanyaan-pertanyaan yang diberikan. Hal itu juga dianggap mengesankan oleh Lutfi karena Gibran dianggap menguasai materi.

"Responnya dalam menanggapi pertanyaan juga sangat mengesankan dan terkesan menguasai materi. Sehingga memberinya skor (respon) 9,0. Secara keseluruhan Mas Gibran mendapatkan skor rata-rata 8,625," lugasnya

Editor: Denada S Putri

Tag:  #gibran #mendapat #penilaian #tinggi #dari #lutfi #debat #cawapres

KOMENTAR