Cek Fakta: Ancang-ancang Kabinet Prabowo, Ada Nama Rocky Gerung dan Gatot Nurmantyo
Cek Fakta Rocky Gerung masuk kabinet Prabowo (Tiktok)
20:08
7 Oktober 2024

Cek Fakta: Ancang-ancang Kabinet Prabowo, Ada Nama Rocky Gerung dan Gatot Nurmantyo

Beredar di media sosial sebuah narasi yang menyebut bahwa Prabowo Subianto mulai menentukan siapa yang akan menjadi menterinya kelak. Narasi itu juga menyebut bahwa Rocky Gerung dan Gatot Nurmantyo termasuk dalam daftar nama calon menteri kabinet Prabowo.

Narasi tersebut termuat dalam unggahan akun TikTok “joko.mulyono11” pada Jumat (13/9/2024). Dalam video disampaikan narasi yang menyebut Prabowo Subianto (presiden terpilih periode 2024—2029) mulai memilih bakal calon menteri, beberapa di antaranya adalah komentator politik Rocky Gerung serta mantan Panglima TNI Jenderal Purnawirawan Gatot Nurmantyo. Hingga Senin (7/10/2024), video telah ditonton lebih dari 200 ribu kali.

Narasi yang disampaikan:

“Ancang ancang kabinet PRABOWO mulai memilih bakal calon menterinya. ada nama ROCKY GERONG dan pak GATOT. apakah ada hubungannya dengan Fufufaffa??”

Baca Juga: Jokowi Sebut Prabowo Yang Sepatutnya Teken Keppres IKN, Begini Respons Gerindra

Lantas benarkah narasi tersebut?

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran fakta Suara.com, salah satu foto yang dimuat dalam video tersebut setelah dicek dengan menggunakan perangkat Google Lens memperlihatkan hasil yang cukup jelas. Hasilnya, foto tersebut diketahui berasal dari pemberitaan Suara.com yang tayang April 2019 lalu.

Saat itu, Prabowo mengungkap Gatot Nurmantyo dan Rocky Gerung akan masuk dalam susunan kabinet bila dirinya dan Sandiaga Uno (calon wakil presiden) menang di Pemilihan Presiden 2019. Ucapan tersebut disampaikan oleh Prabowo saat berpidato di depan pendukungnya di Surabaya, Jumat (12/4/2019).

Dalam unggahan kali ini, video tersebut menggambarkan seolah Prabowo sedang membocorkan nama-nama menteri kabinet periode 2024 - 2029.

Baca Juga: Dikabarkan Jadi Mensos Lagi, Gus Ipul: Kita Doakan dan Tunggu Saja

Melansir reportase Kompas.com, Prabowo dan Gibran disebut akan merampungkan susunan kabinet pada Selasa (15/10/2024), lima hari sebelum pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih.

Kesimpulan

Berdasarkan pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahw narasi yang menyebut Rocky Gerung masuk daftar menteri kabinet Jokowi tidaklah benar. Video tersebut termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #fakta #ancang #ancang #kabinet #prabowo #nama #rocky #gerung #gatot #nurmantyo

KOMENTAR