Mulai dari Medium Tank Harimau, Pandur 8x8, Anoa, Komodo, dan Maung MV3, Modernisasi Alutsista ala PT Pindad
Sejumlah warga menaiki kendaraan tempur TNI dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta, Sabtu (5/10/2024). (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)
11:08
7 Oktober 2024

Mulai dari Medium Tank Harimau, Pandur 8x8, Anoa, Komodo, dan Maung MV3, Modernisasi Alutsista ala PT Pindad

- HUT TNI yang diperingati secara meriah di Silang Monas Jakarta pada Sabtu (5/10) lalu, selain menampilkan atraksi ratusan ribu prajurit juga menampilkan ketanggunghan alat utama sistem persenjataan (alutsista).

Dari 1.059 unit alutsista yang ditampilkan oleh ketiga matra TNI, ada sejumlah alutsista buatan PT Pindad. Di antaranya Medium Tank Harimau, Pandur 8x8, Anoa, Komodo, dan Maung MV3. Khusus Maung, sudah dilengkapi dengan senjata SM3-A1 kaliber 7,62 milimeter serta SM5-A1 kaliber 12,7 milimeter pada Maung MV3 mobile jammer.

Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose mengatakan, pengadaan alutsista dari PT Pindad menunjukkan kepercayaan besar Kemhan dan TNI kepada produk buatan industri pertahanan (inhan) dalam negeri. Apalagi tidak hanya dipakai untuk mendukung pelaksanaan tugas, alutsista buat PT Pindad turut dikerahkan oleh TNI dan Kemhan dalam acara puncak peringatan HUT ke-79 TNI di Lapangan Silang Monas.

"Pada HUT ke-79 TNI, PT Pindad bisa menampilkan produk-produk yang luar biasa. Mulai dari kendaraan tempur, kendaraan taktis, kendaraan operasi, dan senjata. PT Pindad mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan," ungkap Abraham Mose dalam keterangan resmi yang diterima oleh JawaPos.com pada Senin (7/10).

Sebelumnya, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Hariyanto mengungkapkan, modernisasi TNI terus berlangsung di berbagai aspek. Termasuk modernisasi alutsista. Saat ini pemerintah melalui Kemhan terus menambah dan memperbarui alutsista TNI.

Menurut dia, TNI di bawah komando Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto terus berbenah diri. ”Modernisasi TNI itu sekarang kami terus berbenah dengan kemampuan anggaran yang dimiliki oleh TNI,” kata dia.

TNI bangga, karena saat ini semakin banyak alutsista yang dibuat oleh perusahaan industri pertahanan dalam negeri. ”Kita harus berbangga bahwa banyak yang sudah dibuat oleh anak bangsa dan kita kemarin sudah sama-sama menyaksikan mendapat bantuan dari Kemhan untuk tiga matra,” kata dia.

Belum lama ini, Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Muhammad Herindra memang menyerahkan ratusan alutsista baru untuk TNI. Terdiri atas berbagai kendaraan tempur (ranpur) buatan dalam negeri serta kendaraan taktis (rantis) yang juga dibuat oleh anak-anak bangsa. Termasuk di antaranya Medium Tank Harimau yang dikembangkan dan diproduksi secara langsung oleh PT Pindad di Bandung, Jawa Barat.

”Untuk pembaruan-pembaruan yang kami miliki saat ini, mungkin lambat laun kami akan terus menggunakan produksi dalam negeri untuk (meningkatkan) profesionalisme prajurit kita,” ujar jenderal bintang dua TNI AD itu.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #mulai #dari #medium #tank #harimau #pandur #anoa #komodo #maung #modernisasi #alutsista #pindad

KOMENTAR