TPN Ganjar-Mahfud Sebut Masyarakat Sudah Lama Takut Disurvei
Politikus PDI-P Chico Hakim (kiri) dalam konferensi pers di Sekolah Partai, Lenteng Agung sebelum peringatan HUT ke-51 PDI-P, Rabu (10/1/2024).(KOMPAS.com/NICHOLAS RYAN ADITYA)
14:34
25 Januari 2024

TPN Ganjar-Mahfud Sebut Masyarakat Sudah Lama Takut Disurvei

- Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud mengaku sudah menemukan anomali terkait jumlah pemilih bimbang sejak lama.

Juru Bicara TPN Ganjar-Mahfud, Chico Hakim, mengatakan bahwa anomali itu disebabkan masyarakat takut menjadi responden karena bakal berpengaruh ke penerimaan bantuan sosial (bansos).

"Terkait tentang masyarakat yang takut disurvei dan ini dengan alasan berimbas pada pembagian bansos, saya melihat ini justru sebenenarnya sudah terjadi cukup lama, beberapa bulan terakhir," kata Chico kepada Kompas.com, Kamis (25/1/2024).

Hal ini disampaikan Chico merespons lembaga survei Indopol yang tidak merilis hasil survei karena terdapat anomali dalam jumlah undecided voters atau pemilih bimbang.

Pihak Indopol menyebutkan, salah satu faktor yang menyebabkan anomali tersebut adalah bantuan sosial dari pemerintah dan intervensi dari aparat kepada calon responden.

Menurut Chico, temuan tersebut dapat menjadi bukti adanya politisasi bantuan sosial menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Ini memang ditengarai bansos artinya dipolitisasi oleh kubu paslon tertentu dan indikasinya mengarah ke kubu paslon 02 yaitu Prabowo-Gibran," kata dia.


Chico pun mengajak masyarakat pendukung Ganjar-Mahfud agar tidak takut untuk menyuarakan apa yang mereka yakini.

Ia mengingatkan, bantuan sosial adalah bantuan dari negara yang menjadi hak bagi masyarakat tidak mampu, bukan bantuan dari presiden secara personal.

"Inilah yang memang sudah kami telah alami, bukan hanya baru sekarang, dari beberapa bulan yang lalu, strateginya mengatasi ancaman dan intimidasinya adalah memberikan semangat bagi masyarakat untuk lebih berani, tidak usah takut," ujar Chico.

Editor: Ardito Ramadhan

Tag:  #ganjar #mahfud #sebut #masyarakat #sudah #lama #takut #disurvei

KOMENTAR