Aksi Pencurian di Dalam Bus Penumpang Terekam Jelas di CCTV
BERAKSI: Pencuri bermoduskan sebagai penumpang mencuri barang bawaan penumpang lainnya di dalam bus. (Tangkapan layar Instagram JakartaSelatan24jam)
13:24
25 Januari 2024

Aksi Pencurian di Dalam Bus Penumpang Terekam Jelas di CCTV

- Aksi pencurian kembali terjadi di dalam bus angkutan penumpang. Warganet menduga kejadian itu di bus PO Sinar Jaya. Aksi pelaku dapat direkam oleh kamera pemantau alias Closed Circuit Television (CCTV) dengan jelas.

Dari rekaman CCTV aksi pencuian itu terjadi pada Desember 2023. Kini viral di media sosial (medsos). Kejadian itu diunggah oleh akun instagram @jakartaselatan24jam pada Selasa (23/1). Aksi dan sosok pelaku jelas terekam dengan baik di CCTV.

Dilansir Radar Bogor (JawaPos Group), dalam rekaman CCTV, pelaku yang duduk sendirian di dalam bus memanfaatkan momen semua penumpang tertidur, termasuk korban. Dengan gerakan cepat pelaku mengambil tas ransel yang terletak di bagian depan kursi korban yang sedang tidur.

Setelah berhasil mengambil tas ransel, pelaku mengeluarkan sebuah laptop dari dalamnya. Selanjutnya pelaku menggantikan laptop tersebut dengan sebuah bungkusan yang terlihat lebih berat agar korban tak curiga.

Berdasarkan informasi komentar warganet di Instagram, peristiwa pencurian itu diduga terjadi di Bus PO Sinar Jaya. Pelaku disinyalir telah melakukan aksi serupa sebelumnya. Kini pelaku sedang dicari oleh petugas kepolisian dengan bantuan rekaman CCTV.

Beberapa dari warganet menanggapi peristiwa tersebut dan berharap PO bus meminta data diri penumpang dengan lengkap saat membeli tiket.

"Memang PO tidak ada data base penumpang, yang berulang kali naik bis dalam waktu dekat? Perlunya data diri dalam pembelian tiket dan tracking penumpang," ujar salah satu komentar warganet.

Reaksi berbagai macam warganet tersebut mengecam tindakan pelaku. Sementara mereka juga memberi saran kepada setiap PO Bus agar dilengkapi kamera CCTV agar lebih aman dan nyaman ketika penumpang berada di dalam bus.

Kasus ini menambah deretan aksi pencurian di dalam bus. Sebelumnya viral pencurian barang berharga berupa iPad di bus PO Rosalia Indah yang kemudian ditukar dengan keramik oleh pelaku. Kejadian tersebut sulit diungkap karena kurangnya barang bukti dan keberadaan kamera CCTV di armada bus yang ditumpangi.

Sementara itu, pihak PO Sinar Jaya belum memberikan tanggapan atas dugaan dari netizen soal aksi pencurian di dalam bus penumpang yang terekam CCTV itu. 

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #aksi #pencurian #dalam #penumpang #terekam #jelas #cctv

KOMENTAR