Said Abdullah Sebut DPR Sudah Sepakati Jumlah Komisi Bertambah jadi 13 
Anggota DPR Said Abdullah saat rapat paripurna perdana di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024). (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)
07:56
4 Oktober 2024

Said Abdullah Sebut DPR Sudah Sepakati Jumlah Komisi Bertambah jadi 13 

  Anggota DPR RI fraksi PDI Perjuangan Said Abdullah mengungkapkan bahwa DPR sudah menyepakati jumlah alat kelengkapan dewan (AKD) periode 2024-2029 bertambah menjadi 13 komisi.   Terdapat penambahan dua komisi, dari 11 komisi pada DPR periode 2019-2024.  

  "13 komisinya insya Allah kawan-kawan fraksi sudah firm," kata Said Abdullah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10).   Ketua DPP PDIP itu menjelaskan, penambahan komisi di DPR dilakukan untuk mengantisipasi penambahan jumlah pos kementerian pada pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Ia menyebut, pembidangan setiap komisi atau mitra setiap komisi, nantinya akan disesuaikan dengan jumlah dan nomenklatur kementerian atau badan di era pemerintahan Prabowo-Gibran.  

  "Sampai saat ini komisi disiapkan 13 namun nomenklatur dari setiap komisi, mitranya itu akan ditentukan setelah kementerian ditetapkan oleh Presiden Terpilih sesuai dengan kebutuhannya," ucap Said.   Lebih lanjut, Said menuturkan delapan fraksi partai politik yang ada di DPR akan menggelar rapat pada 13-15 Oktober 2024 mendatang, untuk membahas pembidangan atau pembagian mitra setiap komisi. Selain itu, rapat tersebut juga akan untuk membahas anggota masing-masing komisi di DPR.  

  "Insya Allah tanggal 13, 14, 15 (Oktober), kami akan rapat dengan fraksi-fraksi, dipimpin oleh pimpinan DPR supaya begitu presiden terpilih (dilantik), DPR sudah siap semua komisi. (Rapat) Pembidangan saja, kalau penambahannya sudah disepakati," pungkas Said.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #said #abdullah #sebut #sudah #sepakati #jumlah #komisi #bertambah #jadi

KOMENTAR