Klinik Pelatihan LMS 2024: Rahasia Membangun Media Kuat dari Nol
Maftuh Ihsan dalam sesi Coaching Clinic di Local Media Summit 2024. [Suara/Lintang Siltya Utami]
15:32
3 Oktober 2024

Klinik Pelatihan LMS 2024: Rahasia Membangun Media Kuat dari Nol

Coaching Clinics atau Klinik Pelatihan di acara Local Media Summit 2024 yang dilaksanakan di Hotel Sultan, Jakarta menghadirkan berberapa narasumber yang sangat bagus, Kamis (3/10/2024).

Di hari kedua ini, LMS mengemas sebuah acara sangat berbeda dengan sebelumnya. Menariknya, topik yang dihadirkan kali ini yakni sangat lengkap dalam membuat sebuah media.

Mulai dari cara pemasaran, pengelolaan usaha, teknology, hingga mendatangkan pemasukan untuk media dari sebuah acara event tahunan, diantaranya;

Seperti dari Manager PT Merdeka Copper Gold Tbk, Maftuh Ihsan, dia memberikan pemahaman kepada para peserta LMS 2024 tersebut soal pembahasan mengenai media sosial.

Baca Juga: Cara Monetisasi Konten di Pinterest, Sumber Cuan Baru!

Maftuh mengatakan, mudah namun sulit mungkin dalam melakukan strategi social media ini, namun ada beberapa cara, yakni menempatkan diri sebagai orang yang tidak memiliki pemahaman seutuhnya.

"Intinya jangan seperti kota sok tahu, kita juga tapi harus tahu prodak yang akan kita targetkan," ujarnya.

Sementara dari Danny Yong selaku perwakilan dari IMS, dia mengatakan bahwa dala membuat media itu intinya harus menentukan model bisnis yang berbeda dari media lain.

"Seperti fokus kepada dunia pendidikan, komunitas, budaya dan wisata, mungkin itu bisa menjadi tantangan, tapi kedepan saya yakin itu akan menjadi rujukan," imbuhnya.

Pemimpin Redakai Suara.com Suwarjono (kanan) memberikan piagam penghargaan kepada Executive Vice President Komunikasi Korporat & TJSL PLN, Gregorius Adi Trianto (kiri) dalam sesi Appreciation Night di acara Local Media Summit 2024 di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (2/10/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Pemimpin Redakai Suara.com Suwarjono (kanan) memberikan piagam penghargaan kepada Executive Vice President Komunikasi Korporat & TJSL PLN, Gregorius Adi Trianto (kiri) dalam sesi Appreciation Night di acara Local Media Summit 2024 di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (2/10/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

Sementara untuk di bidang Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers sendiri disampaikan Ade Wahyudin, kata dia semua media ini tentu harus mempunyai legalitas hukum jelas.

Baca Juga: 5 Sesi Penting di Coaching Clinic LMS 2024: Dari Strategi Bisnis hingga Keamanan Teknologi

Meski kata dia belum mendapatkan sertifikasi dari Dewan Pers, namun legalitas tentunya ini hal yang wajib dimiliki ketika ingin merintis media.

"Intinya kalau PT itu wajib, karena itu menjadi dasar bagi para pengelola media lokal, masalah sertifikasi itu bisa menyusul," ucapnya.

Pada acara itu juga turut membahas menganai bagaimana caranya menghadirkan pendapatan diluar iklan atau publikasi kinerja. Hal tersebut disampaikan CEO Berita Jatim, Dwi Eko Lokononto.

Cak Eko sapaan akranya mengatakan, banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pendapatan, mulai dari event hingga bagaimana caranya bisa mendaparkan kedekatan dengan narasumber.

Kemudian juga, turut membahas mengani technology and security untuk media online yang disampaikan langsung oleh President Manager Rizky Susetiadi.

Untuk diketahui, pertemuan puncak tahunan para pengelola media lokal di Indonesia, Local Media Summit (LMS), resmi digelar hari ini di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (2/10/2024). Ratusan peserta datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Acara tahunan yang diinisiasi oleh Suara.com bersama International Media Support (IMS) itu dihadiri oleh banyak media lokal, khusus, dan berskala kecil untuk belajar dan berdiskusi mengenai informasi, teknologi, dan perkembangan baru lainnya dalam bisnis media termasuk kecerdasan buatan (AI).

Editor: Andi Ahmad S

Tag:  #klinik #pelatihan #2024 #rahasia #membangun #media #kuat #dari

KOMENTAR