Raih Dukungan Terbanyak di DPD, Anak Menkumham jadi Wakil Ketua MPR 
Suasana sidang Paripurna MPR di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2024). (Miftahul Hayat/Jawa Pos)
08:16
3 Oktober 2024

Raih Dukungan Terbanyak di DPD, Anak Menkumham jadi Wakil Ketua MPR 

  Abcandra Muhammad Akbar Supratman terpilih menjadi pimpinan MPR RI periode 2024-2029. Senator dari daerah pemilihan (Dapil) Sulawesi Tengah itu berhasil meraih suara terbanyak setelah DPD RI menggelar rapat paripurna pemilihan Pimpinan MPR, sejak Rabu (2/10) malam.   "Dengan demikian, yang suara terbanyak dan dinyatakan terpilih untuk mewakili DPD di MPR RI, sebagai Wakil Ketua MPR RI adalah Abcandra Akbar,” kata Wakil Ketua DPD RI Tamsil Linrung saat memimpin rapat paripurna, Kamis (3/10).   Abcandra Akbar yang terbilang senator muda mampu meraih suara terbanyak mengalahkan Fadel Muhammad. Abcandra Akbar meraih 93 suara, sementara Fadel Muhammad hanya 50 suara.  

  Pemilihan Pimpinan MPR dari fraksi DPD RI itu setelah melakukan voting yang diikuti 143 Anggota DPD RI. Anak dari Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Supratman Andi Agtas itu terpilih setelah DPD RI melakukan dua kali putaran pemilihan Pimpinan MPR.   Pada putaran pertama, terdapat enam senator yang mengajukan diri sebagai calon pimpinan MPR RI. Mereka yakni, AA Ahmad Nawardi, Daud Yordan, Agustin Teras Narang, Maya Rumantir, Abcandra Muhammad Akbar Supratman, dan Fadel Muhammad.   Berdasarkan hasil perhitungan, AA Ahmad Nawardi mersih 13 suara, Daud Yordan 29 suara, Teras Narang 17 suara, Maya Rumantir 1 suara, Abcandra 45 suara, dan Fadel Muhammad 38 suara.   

  Dalam pemilihan putaran pertama tidak mencapai raihan 50 plus 1. Sehingga Abcandra dan Fadel Muhammad kembali diikutsertakan dalam voting putaran kedua.   Pada putaran kedua, Abcandra berhasil memperoleh dukungan terbanyak, yakni 93 suara. Sementara Fadel Muhammad mendapatkan 50 suara. Sehingga Abcandra akan ditetapkan sebagai Wakil Ketua MPR RI dalam sidang Paripurna MPR yang digelar hari ini.  

  "Saudara-saudara sekalian, dengan demikian hasil dari putaran kedua, Abcandra Akbar 93 dan Fadel Muhammad 50," papar Tamsil.   Sebagaimana diketahui, Rapat Paripurna penetapan Pimpinan MPR RI periode 2024-2029 akan digelar, Kamis (3/10). Seluruh fraksi di MPR sepakat menunjuk anggota MPR fraksi Gerindra Ahmad Muzani untuk menjadi Ketua MPR.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #raih #dukungan #terbanyak #anak #menkumham #jadi #wakil #ketua

KOMENTAR