Local Media Summit 2024: Pinterest Jadi Alternatif Media Lokal dan UMKM Optimasi Konten
Widhi Asmoro Sr. Strategic Partner Manager, Publisher Pinterest APAC di LMS, Rabu (2/10/2024)
23:56
2 Oktober 2024

Local Media Summit 2024: Pinterest Jadi Alternatif Media Lokal dan UMKM Optimasi Konten

Local Media Summit kembali dihelat tahun ini. Local Media Summit 2024 yang diinisiasi oleh Suara.com dan International Media Support (IMS) berlangsung pada hari ini, Rabu (2/10) di Hotel Sultan, Jakarta.

Pertemuan puncak tahunan para pengelola media lokal di Indonesia menghadirkan banyak talkshow menarik. Salah satunya mengangkat tema, 'Unlock Your Media Potential onPinterest'.

Pada talkshow ini menghadirkan pembicara, Widhi Asmoro sebagai Sr Strategic Partner Manager, Publisher Pinterest APAC dan Roby Bagindo dari Tastmade.Diskusi ini dipandu oleh Catur Ratna Daru dari DigitalMama.

Platform Pinterest memiliki 522 juta pengguna aktif per bulan secara global, dengan 17 juta di antaranya berasal dari Indonesia.

Baca Juga: Wamenkominfo Nezar Patria Ungkap Strategi Agar Bisnis Media Bisa Bertahan Lama

Pinterest berfungsi sebagai visual search engine yang memungkinkan pengguna mencari inspirasi visual, seperti ide mode, dekorasi, atau acara tertentu. Pinterest juga menawarkan fitur unggulan seperti konten yang sifatnya evergreen, di mana konten lama tetap relevan dalam jangka waktu panjang dan bisa ditemukan kembali oleh pengguna.

Roby Bagindo menjelaskan bagaimana Pinterest bisa menjadi salah satu alternatif untuk media lokal optimasi konten, khusunya konten-konten evergreen.

Menurut Roby, konten-konten evergreen yang diproduksi oleh Tastmade jadi sangat maksimal saat dipublikasi di Pinterest.

Pertemuan puncak tahunan para pengelola media lokal di Local Media Summit 2024 menghadirkan banyak talkshwo menarik. Salah satunya mengangkat tema, 'Unlock Your Media Potential on Pinterest'. [Suara.com/Galih Prasetyo] Pertemuan puncak tahunan para pengelola media lokal di Local Media Summit 2024 menghadirkan banyak talkshwo menarik. Salah satunya mengangkat tema, 'Unlock Your Media Potential on Pinterest'. [Suara.com/Galih Prasetyo]

"Terpenting bagaimana konten evergreen tersebut memiliki relavansi dengan pengguna pinterest," ujar Roby.

Pernyataan senada juga disampaikan oleh Widhi Asmoro. Menurutnya, terpenting untuk media lokal menghadirkan relevansi dengan pengguna saat unggah konten di Pinterest.

Baca Juga: Pegadaian dan Universitas Mataram Teken MoU: Dukung Program Riset Peternakan dan Beasiswa Pendidikan

"Di Pinterest, kita banyak tool yang bisa memaksimalkan konten yang diunggah, salah satunya papan kolaborasi. Tool itu bisa untuk memaksimalkan konten yang dibuat," jelas Widhi.

Roby Bagindo menambahkan bahwa Tastmade merasakan dampak dengan penggunaan Pinterest, salah satunya jangkauan pengguna yang lebih luas.

Dalam sesi tanya jawab dengan peserta LMS 2024 juga terungkap fakta-fakta menarik bagiamana Pinterest juga bisa menjadi tool untuk usaha kecil dan menengah atau UMKM mempromosikan produk yang dihasilkan/

Menurut Widhi, pinterest menjadi komplimen antara UMKM dengan E-Commerce. Hal ini tentu akan memudahkan UMKM menjangkau audience yang lebih beragam.

Para pengguna Pinterest kata Widhi memiliki karakteristik mencari. Ada keinginan dari pengguna Pinterest untuk mencari hal yang mereka inginkan.

"Konten-konten evergreen semisal untuk Lebaran, biasanya dicari 2-3 bulan sebelumnya," kata Widhi.

Dari pengalamannya penggunaan Pinterest, Roby Bagindo mengatakan bahwa Pinterest memperbolehkan pengguna mencantumkan link.

"Hal ini tentu saja membuat pelaku UMKM sangat diuntungkan dengan penggunaan Pinterest karena link pemasaran bisa dicantumkan pada kolom deskripsi," kata Roby Bagindo.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #local #media #summit #2024 #pinterest #jadi #alternatif #media #lokal #umkm #optimasi #konten

KOMENTAR