Jabat Ketua DPR RI 2 Periode, Puan Maharani Dinilai Figur Perempuan Berkompeten
Ketua DPR Puan Maharani dalam Sidang Tahunan yang digelar di Kompleks Gedung Parlemen, Jumat (16/8/2024). [Tangkapan Layar]
19:08
2 Oktober 2024

Jabat Ketua DPR RI 2 Periode, Puan Maharani Dinilai Figur Perempuan Berkompeten

Politisi PDI Perjuangan (PDIP), Puan Maharani kembali didapuk menjadi Ketua DPR RI periode 2024-2029. Terpilihnya Puan kembali menjadi Ketua DPR, disampaikan dalam rapat paripurna usai pelantikan Anggota DPR RI, 2024-2029 di Komplek Parlemen, Senayan, Selasa (1/10/2024).

Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Selly Gantina mengatakan, terpilihnya Puan Maharani sebagai Ketua DPR RI periode 2024-2029 merupakan bukti perempuan bisa memimpin. Ia melihat Puan memiliki kapabilitas.

"Beliau adalah pemimpin perempuan, pengesahan UU TPKS merupakan bukti nyata bagaimana Mbak Puan menjadi motor penggeraknya," kata Selly dalam keterangannya, Rabu (2/10/2024).

Selly menilai, tanpa keterlibatan Puan, tidak mungkin Undang-undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS) bakal disahkan.

Baca Juga: Disebut Tak Punya Legacy Positif, Rocky Gerung Kuliti Pencitraan Jokowi Lewat Doorstop Settingan Istana: Itu Berbahaya!

Selain itu, Puan juga dianggap berperan penting dalam pengesahan UU Perlindungan Data Pribadi, yang menjadi landasan hukum untuk melindungi hak privasi masyarakat di tengah perkembangan teknologi digital. 

Ketua DPR RI Puan Maharani. (Suara.com/Bagas)Ketua DPR RI Puan Maharani. (Suara.com/Bagas)

“Terpilihnya Puan Maharani sebagai Ketua DPR RI menorehkan sejarah bagi peta perpolitikan dunia,” ujarnya.

Selly mengungkapkan, jika Puan memiliki torehan rekor sebagai perempuan pertama di dunia yang menjadi ketua parlemen dua kali. 

"Artinya dia memiliki peran luar biasa, tidak hanya aktif di DPR dan Partai Politik. Mba Puan juga punya peran luar biasa sebagai ibu, istri, dan anak dari mantan Presiden, dan semuanya itu ia jalani," ucapnya.

Selain itu, lanjut Selly, Puan juga terlibat dalam revisi UU Desa, yang memperkuat otonomi desa dan memastikan distribusi dana desa yang lebih adil. 

Baca Juga: Blak-blakan! Ngaku Tak Pernah Benci Jokowi Meski Kerap Dikritik, Rocky Gerung Bilang Begini

Dukungan terhadap UU Kesejahteraan Anak Indonesia (UU KAI) menunjukkan komitmen Puan terhadap hak-hak anak, khususnya dalam bidang kesehatan, pendidikan, dan perlindungan sosial. 

“Kepemimpinannya membuktikan peran perempuan dalam mendorong perubahan di sektor-sektor strategis,” tegasnya.

Selly mengungkapkan, Megawati dan Puan Maharani merupakan tokoh politik yang selalu berpegang teguh pada prinsip dan mendorong partisipasi perempuan di kancah politik tanpa meninggalkan kewajiban mereka sebagai perempuan.

"Sebagai catatan, pengendalian Covid-19 sendiri berhasil lewat tangan perempuan. Ini terlihat dari relawan hingga tenaga medis yang didominasi perempuan," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua DPR RI periode 2024-2029, Puan Maharani berjanji lembaga parlemen yang dipimpinnya akan membuka lebar ruang aspirasi bagi masyarakat. Hal itu untuk mengembalikan kepercayaan publik terhadap DPR.

Pernyataan ini disampaikan Puan usai ditanya awak media mengenai kepercayaan DPR yang menurun.

"DPR akan membuka ruang pintu aspirasi rakyat selebar-lebarnya dan menampung aspirasi rakyat itu untuk kemudian ditindaklanjuti sesuai dengan mekanisme yang ada di DPR," kata Puan dalam konferensi pers di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

Menurutnya, nanti semua aspirasi akan ditampung dan ditindaklanjuti oleh Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang ada di DPR RI.

"Dan nantinya tentu kita bersama akan membuka ruang-ruang untuk bisa menindaklanjuti hal tersebut dengan diberikan kepada komisi-komisi dan AKD yang kalau kemarin mungkin belum tertampung, nanti ke depannya akan ada komisi-komisi yang nanti bisa menampung aspirasi rakyat yang kemarin belum tertampung," ungkapnya.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #jabat #ketua #periode #puan #maharani #dinilai #figur #perempuan #berkompeten

KOMENTAR