Bawa Dua Kapal Perang dari Jerman, Commander Flotilla 2 German Navy Temui Panglima Koarmada RI
Panglima Koarmada RI Laksamana Madya TNI Denih Hendrata bertemu dengan Commander Flotilla 2 German Navy Rear Admiral Axel Schulz. (Koarmada RI)
14:40
27 September 2024

Bawa Dua Kapal Perang dari Jerman, Commander Flotilla 2 German Navy Temui Panglima Koarmada RI

Kedatangan dua kapal perang Angkatan Laut Jerman dibarengi dengan kunjungan Commander Flotilla 2 German Navy Rear Admiral Axel Schulz ke Indonesia. Pada Kamis (26/9), dia melakukan Courtesy Call dengan Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksamana Madya TNI Denih Hendrata.

Kedua laksamana tersebut bertemu di Markas Komando Armada RI di Gunung Sahari, Jakarta Pusat. 

Melalui keterangan resmi yang diterima oleh JawaPos.com pada Jumat (27/9), Panglima Koarmada RI Laksamana Madya TNI Denih Hendrata menyampaikan bahwa kedatangan Commander Flotilla 2 German Navy Rear Admiral Axel Schulz  merupakan suatu kehormatan bagi Koarmada RI. Dia yakin pertemuan tersebut akan memberikan dampak positif untuk meningkatkan hubungan kerja sama  yang baik antara Indonesia dengan Jerman, khususnya di antara kedua Angkatan Laut. 

”Angkatan Laut Indonesia dan Jerman dapat membangun kerja sama  yang baik dalam menjawab tantangan  keamanan maritim  di tingkat regional dan global,” ungkap dia. 

Rear Admiral Axel Schulz datang ke Indonesia bersama dua kapal Angkatan Laut Jerman. Yakni kapal perang jenis fregat FGS Baden-Württemberg F222 dan kapal pendukung tempur serta pengisi bahan bakar FGS Frankfurt am Main. Kedua kapal tersebut tiba dan bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Kamis (26/9). Kedua kapal itu dijadwalkan berlabuh di Jakarta sampai Minggu (29/9). Kedatangan kedua kapal itu merupakan bagian dari diplomasi maritim. 

Mereka berlabuh di Jakarta dalam rangka Indo-Pacific Deployment 2024 (IPD24), dua kapal perang milik Angkatan Laut Jerman akan berlabuh di Jakarta. Yakni kapal fregat FGS Baden-Wurttemberg dan kapal pengisi bahan bakar FGS Frankfurt am Main. Kedua kapal perang tersebut singgah di Jakarta di tengah-tengah pelayaran di Samudra Pasifik dan Hindia. Pelayaran tersebut berlangsung sejak Juni hingga November 2024.

Dalam hal ini, Jerman berkomitmen mempertahankan tatanan internasional berbasis aturan dan kebebasan berlayar dalam kawasan, terutama dalam hal kebebasan jalur pelayaran dan keamanan maritim. Tidak hanya berlabuh di Jakarta, mereka menyatakan bahwa pada 23-25 September 2024, Satuan Tugas Angkatan Laut Jerman akan melaksanakan latihan bilateral lepas pantai yang dikenal PASSEX. Latihan tersebut dilaksanakan bersama TNI AL.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #bawa #kapal #perang #dari #jerman #commander #flotilla #german #navy #temui #panglima #koarmada

KOMENTAR