Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Terima Gelar Doktor Kehormatan dari Hiroshima University
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita bersalaman dengan Bahlil Lahadalia yang baru dilantik sebagai Menteri ESDM di Istana Negara, Jakarta (19/8/2024). (ANTARA/Mentari Dwi Gayati)
09:32
26 September 2024

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Terima Gelar Doktor Kehormatan dari Hiroshima University

- Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menerima gelar Doktor Kehormatan (doctor honoris causa) dari Hiroshima University, Jepang. Gelar ini merupakan bentuk penghargaan atas kontribusi dan dukungannya dalam pengembangan sektor industri dunia akademik.

Hiroshima University menilai Agus Gumiwang Kartasasmita menunjukkan peran strategis Indonesia dalam mewujudkan inisiatif global.

Agus menyampaikan, penghargaan itu merupakan sebuah kehormatan yang tak ternilai. Dia mempersembahkan penghargaan itu untuk semua orangnyang telah mendukung perjalanannya.

"Mendapatkan gelar Doktor Kehormatan dari universitas bergengsi ini adalah suatu kebanggaan besar. Saya terima penghargaan ini tidak hanya atas nama saya pribadi, tetapi juga semua orang yang telah berkontribusi dalam perjalanan karier saya, baik sebagai legislator, politisi, maupun pejabat pemerintah," ucap Agus.

Agus mengungkapkan, gelar doctor honoris causa itu menjadi pengingat bagi dirinya untuk terus memberikan dampak yang lebih luas bagi masyarakat. "Penghargaan ini memerlukan tanggung jawab besar. Kita harus terus berusaha memberikan pengaruh positif, membantu sesama, dan menjunjung prinsip-prinsip penting yang terkandung dalam gelar ini, seperti kejujuran, dedikasi, serta keingintahuan intelektual," lanjutnya.

Agus menjadi orang Indonesia ketiga yang mendapatkan gelar kehormatan dari Hiroshima University. Sebelumnya nama Hasan Rahaya dan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla sudah menerima penghargaan tersebut.

Menurut dia, gelar honoris causa menandakan bahwa kontribusi pada tujuan yang lebih besar adalah sesuatu yang melampaui pencapaian pribadi. "Gelar ini adalah pengingat bahwa kita memiliki kapasitas untuk berkontribusi pada tujuan yang melampaui diri kita sendiri," tambah Agus.

Sementara, Sekjen Perkumpulan Perusahaan Pendingin Refrigerasi Indonesia (PERPRINDO) Andy Arif Widjaja memberikan apresiasi atas pencapaian Agus. Sebab, tidak semua orang bisa mendapat penghargaan tersebut.

"Kami atas nama pengurus PERPRINDO mengucapkan selamat dan bangga atas diterimanya gelar Doktor Honoris Causa oleh Pak Menteri," ungkap nya. PERPRINDO memberikan apresiasi terhadap kontribusi Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita, selama ini dalam membangun industri dalam negeri," kata Andy.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #menteri #perindustrian #agus #gumiwang #terima #gelar #doktor #kehormatan #dari #hiroshima #university

KOMENTAR