Sesar Garsela di Mana? Patahan yang Menjadi Pemicu Gempa Bumi Bandung
Ilustrasi gempa bumi - Sesar Garsela di mana? (Tumisu/Pixabay)
17:36
25 September 2024

Sesar Garsela di Mana? Patahan yang Menjadi Pemicu Gempa Bumi Bandung

Sesar Garut Selatan atau Sesar Garsela menjadi sorotan usai disebut sebagai pemicu gempa bumi di Bandung pada 18 September 2024. Lantas, Sesar Garsela di mana letaknya?

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengonfirmasi bahwa aktivitas Sesar Garsela merupakan penyebab gempa di Bandung. Gempa berkekuatan magnitudo 4,9 tersebut terasa di sejumlah wilayah, seperti Lembang, Bandung Barat, Garut, hingga Majalaya.

Sesar ini dianggap sebagai salah satu patahan paling aktif di Jawa Barat, dan beberapa kali menyebabkan gempa sejak pertama kali diidentifikasi pada tahun 2008. Lalu, ada di mana lokasi Sesar Garsela? Simak penjelasannya berikut ini.

Lokasi Sesar Garsela

Baca Juga: Ridwan Kamil Pilih Diam Usai Persija Jakarta Keok Lawan Persib Bandung

Sesar Garsela adalah salah satu struktur sesar yang paling aktif di Jawa Barat. Sesar ini membentang dari barat daya ke timur laut, meliputi Kabupaten Garut hingga bagian selatan Kabupaten Bandung.

Terdapat dua segmen utama pada Sesar Garsela, yaitu segmen Rakutai di timur laut sepanjang sekitar 19 km dan segmen Kencana di barat daya sepanjang 17 km.

Sesar Garsela dikelilingi oleh gunung-gunung api aktif seperti Gunung Papandayan dan Gunung Guntur. Sesar ini sering kali memicu ratusan gempa bumi kecil.

Daerah yang berada di sekitar Sesar Garsela berisiko tinggi terhadap bencana gempa akibat kepadatan penduduk dan aktivitas seismik yang tinggi.

Meskipun termasuk salah satu sesar paling aktif dengan adanya kluster aktivitas seismik, penelitian mengenai Sesar Garsela masih tergolong terbatas. Hal ini diungkapkan dalam sebuah jurnal yang dimuat di Buletin Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

Baca Juga: Dendam Lawan Rizky Ridho Terbayarkan, Kevin Mendoza: Saya Sangat Bangga!

Dalam jurnal tersebut dijelaskan bahwa salah satu segmen Sesar Garsela, yaitu Segmen Kencana, terletak di dekat permukiman penduduk. Oleh karena itu, aktivitas patahan Sesar Garsela perlu terus dipantau, karena hal ini dapat membantu mengurangi risiko jika terjadi gempa besar.

Riwayat Aktivitas Sesar Garsela

Dikenal sebagai sesar aktif yang kerap memicu terjadinya gempa bumi, berikut adalah riwayat gempa yang dipicu oleh aktivitas Sesar Garsela.

  • Pada 18 Juli 2017, gempa berkekuatan magnitudo 3,7 yang mengakibatkan kerusakan di daerah Kamojang, Garut.
  • Pada 1 November 2020, tercatat gempa berkekuatan magnitudo 4,0 yang terasa di Bandung dan Garut.
  • Pada 5 Februari 2020, gempa tiga kali berturut-turut dengan magnitudo yang bervariasi, yaitu 2,9, 2,8, dan 3,5, diikuti
  • gempa susulan dengan magnitudo 2,4 dan 2,8.
  • Pada 1 Desember 2021, Garut mengalami gempa berkekuatan magnitudo 3,7, diikuti oleh gempa pada 4 Desember dengan magnitudo 2,9 dan tiga hari setelahnya dengan magnitudo 2,8.
  • Pada 1 Februari 2023, Garut jga diguncang gempa dengan magnitudo 4,3, yang menyebabkan sejumlah rumah di Kecamatan Semarang dan Pasirwangi mengalami kerusakan yang signifikan.

Demikianlah informasi mengenai lokasi Sesar garsela yang menjadi pemicu terjadinya gempa bumi Bandung. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Dini Sukmaningtyas

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #sesar #garsela #mana #patahan #yang #menjadi #pemicu #gempa #bumi #bandung

KOMENTAR