Menko Airlangga: Hubungan Indonesia dan Tiongkok Saling Melengkapi dan Saling Menguntungkan
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Peringatan 75 tahun berdirinya Republik Rakyat Tiongkok yang digelar di Jakarta, Kamis (19/9/2024). 
22:21
19 September 2024

Menko Airlangga: Hubungan Indonesia dan Tiongkok Saling Melengkapi dan Saling Menguntungkan

- Perekonomian Indonesia yang hingga saat ini tangguh menghadapi berbagai tantangan global tak lepas dari upaya Pemerintah menjaga hubungan baik dengan negara-negara lain.

Salah satunya dengan Republik Rakyat Tiongkok.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, hubungan bilateral antara Indonesia dengan Republik Rakyat Tiongkok terjalin dalam kemitraan strategis yang komprehensif.

"Didukung oleh pesatnya transformasi digital secara global, Indonesia dan Tiongkok telah memperkuat jalur pembangunan ekonomi kedua negara. Selain proyek-proyek investasi besar, institusi-institusi Tiongkok juga telah lama mendukung upaya untuk memperkuat strategi pengembangan sumber daya manusia di Indonesia, khususnya dalam mengembangkan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan perekonomian baru yakni ekonomi hijau dan digital," ujar Airlangga dalam Peringatan 75 tahun berdirinya Republik Rakyat Tiongkok yang digelar di Jakarta, Kamis (19/9/2024).

Menurutnya, Tiongkok telah menjadi mitra Indonesia dalam perdagangan dan investasi.

Total perdagangan bilateral antara Tiongkok dan Indonesia pada tahun 2023 tercatat sebesar USD 127,8 miliar (tidak termasuk Hong Kong).

Dalam hal mekanisme kerja sama regional, ASEAN dan Tiongkok tengah berada pada puncak hubungan perdagangan tertinggi.

Berdasarkan statistik ASEAN, pada tahun 2023, volume perdagangan antara ASEAN dan Tiongkok mencapai rekor baru sebesar USD 702 miliar dan menjadikan Tiongkok sebagai mitra dagang terbesar ASEAN selama 15 tahun berturut-turut.

Airlangga mengatakan bahwa potensi pertumbuhan kolaborasi antara Indonesia dan Tiongkok masih berpeluang besar.

Peluang-peluang baru muncul di sektor teknologi, energi ramah lingkungan, ekonomi digital, dan inovasi. 

Selain Kereta Cepat Whoosh yang turut mendorong pertumbuhan ekonomi dengan meningkatkan konektivitas, kerja sama kedua negara dalam membangun Kawasan Ekonomi Khusus juga patut diperhitungkan.

Tsinghua Southeast Asia Center yang berlokasi di Kawasan Ekonomi Khusus Kura-Kura di Bali telah mulai beroperasi penuh sejak diresmikan pada 16 November 2022.

Pada akhir bulan ini, The Tsinghua Southeast Asia Center bersama dengan Dewan Nasional KEK, KEK Kura-Kura Bali, dan Lembaga Insinyur Indonesia (PII), akan menyelenggarakan acara berbagi pengetahuan dan jaringan di sektor artificial intelegence dan semikonduktor.

Acara HM.4.6/325/SET.M.EKON.3/09/2024 tersebut akan memfasilitasi dan memupuk kolaborasi erat para cendekiawan dan pelaku industri dari Indonesia dan Tiongkok.

"Kemitraan antara Indonesia dan Tiongkok saling melengkapi dan saling menguntungkan. Saya yakin bahwa Pemerintahan Indonesia yang akan datang akan mampu meneruskan pencapaian-pencapaian yang telah dicapai sehingga semakin memperkuat dan merevitalisasi perekonomian masing-masing negara," kata Airlangga.

Lebih lanjut Airlangga mengatakan bahwa Indonesia sama seperti Tiongkok yakni terbuka terhadap kemitraan dengan semua negara global dan mendukung multilateralisme.

Dengan mempererat kerja sama, kedua negara dapat membangun kemitraan yang bermanfaat tidak hanya bagi masing-masing negara tetapi juga memberikan kontribusi terhadap ekonomi global.

"Pada kesempatan yang baik ini, izinkan saya atas nama Pemerintah dan rakyat Indonesia menyampaikan ucapan selamat yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah dan rakyat Tiongkok atas peringatan 75 tahun berdirinya Republik Rakyat Tiongkok," kata Airlangga.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut antara lain Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Wakil Menteri Pertanian Sudaryono dan Kuasa Usaha Ad Interim Republik Rakyat Tiongkok Zhou Kan. 

Editor: Wahyu Aji

Tag:  #menko #airlangga #hubungan #indonesia #tiongkok #saling #melengkapi #saling #menguntungkan

KOMENTAR