Gus Miftah Beber Rencana Jokowi Setelah Lengser dari Jabatan Sebagai Presiden: Tidur
Presiden Joko Widodo dan istri, Iriana Jokowi. (Dok. presidenri.go.id)
13:40
19 September 2024

Gus Miftah Beber Rencana Jokowi Setelah Lengser dari Jabatan Sebagai Presiden: Tidur

Pendakwah Gus Miftah membeberkan rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai lengser pada Oktober mendatang. Hal itu diketahui usai Jokowi hadir ke rangkaian acara Harlah ke-12 Ponpes Ora Aji.

Dia memastikan Jokowi tidak akan menjadi Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) seperti yang ramai diperbincangkan beberapa waktu terakhir.

"Tidak, tidak sama sekali (menyebut akan jadi Wantimpres)," kata Gus Miftah ditemui wartawan, Kamis (19/9/2024).

Diungkapkan Gus Miftah, Jokowi mengaku hanya akan kembali ke Solo untuk beristirahat beberapa waktu setelah tak lagi menjabat sebagai Presiden pada 20 Oktober 2024 mendatang.

Baca Juga: Viral Aksi Warga Turunkan Baliho "Terima Kasih Pak Jokowi", Netizen Nyeletuk: Dah Biasa Drama Begini

"Beliau hanya menyampaikan mau istirahat gitu aja," ucapnya.

Gus Miftah mengatakan Jokowi memilih untuk beristirahat sementara waktu di kampung halamannya sebelum nanti berencana akan berkeliling untuk menjumpai masyarakat. 

"Beliau menyampaikan setelah tanggal 20 Oktober, 'saya akan tidur seminggu dua minggu di Solo setelah itu saya ingin keliling menjumpai masyarakat saja. Soal pemerintahan urusan Pak Prabowo-Gibran," terangnya.

"Kita tanya pak kelilingnya kemana, 'lah kan baru rencana'. Tapi rencana awalnya dua minggu beliau akan istirahat di Solo, akan tidur," imbuhnya.

Sebelumnya, Jokowi tidak memberikan keterangan kepada media dalam kunjungannya ke Ponpes Ora Aji. Dia hanya datang tak lebih dari satu jam dan menyempatkan menyapa warga beberapa saat.

Baca Juga: Beredar Buku Kenangan Alumni Fakultas Kehutanan UGM, Ada Biodata Jokowi

Gus Miftah menjelaskan Jokowi menghadiri acara 'Multaqo Presiden dan Ulama'. Setidaknya ada 50 orang kyai muda se-Jawa yang hadir di sana.

Dalam kesempatan itu, Gus Miftah bilang menyampaikan beberapa kata sambutan kepada presiden. Termasuk menyanjung berbagai prestasi yang telah ditorehkan Jokowi selama memimpin Indonesia selama dua periode.

Disampaikan Gus Miftah, selama menjabat kebijakan Presiden Jokowi khususnya yang terkait pesantren sangat dapat dirasakan manfaatnya.

"Saya diminta untuk sambutan dan saya sampaikan bahwa sekian banyak prestasi-prestasi yang Pak Jokowi sampaikan terlepas tidak ada gading yang tidak retak, tapi bagi kami banyak kebijakan presiden yang terkait dengan pesantren itu sangat dirasakan dampaknya oleh insan pesantren," ungkapnya.

Namun, dikatakan Gus Miftah bahwa Jokowi hanya merepons dengan sederhana. 

"Tapi ya kembali beliau menjawab dengan sangat santun sederhana, 'saya itu bukan siapa-siapa' kata beliau, 'banyak yang lebih pinter daripada saya', alhamdulillah kemudian beliau menyampaikan bisa memberikan sumbangsihnya untuk bangsa ini," tandasnya.

Editor: Galih Priatmojo

Tag:  #miftah #beber #rencana #jokowi #setelah #lengser #dari #jabatan #sebagai #presiden #tidur

KOMENTAR