Mengenal KRI Bima Suci, Kapal Layar Latih Tiang Tinggi Penerus KRI Dewaruci
KRI Bima Suci dalam pelayaran di Perairan Indonesia. (TNI AL)
13:08
18 September 2024

Mengenal KRI Bima Suci, Kapal Layar Latih Tiang Tinggi Penerus KRI Dewaruci

 

- Para perwira dan petinggi TNI AL punya ikatan kuat dengan kapal layar latih tiang tinggi milik Angkatan Laut. Baik KRI Dewaruci maupun KRI Bima Suci. Keduanya punya peranan sama.

Menjadi tempat taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) ditempa. Sejak bergabung dengan keluarga besar Angkatan Laut pada 2017, KRI Bima Suci sudah mengemban banyak misi. Sebagian besar diantaranya adalah misi diplomasi ke berbagai negara. 

Berdasar informasi dari laman resmi Kementerian Pertahanan (Kemhan), KRI Bima Suci diterima secara langsung oleh Pemerintah Indonesia saat Ryamizard Ryacudu bertugas sebagai menteri pertahanan (menhan).

Sejak awal, kapal tersebut diproyeksikan untuk meneruskan kiprah kapal legendaris, KRI Dewaruci. KRI Dewaruci yang sudah bergabung dengan TNI AL sejak 1953 akan lebih banyak berlayar di dalam negeri. 

Karena itu, KRI Bima Suci yang jauh lebih muda, canggih, dan modern menjadi penerus KRI Dewaruci. Kapal layar latih tiang tinggi buatan Spanyol tersebut dioperasikan oleh Komando Armada (Koarmada) II. Pelayaran pertamanya berlangsung dari Spanyol menuju Indonesia pada 2017 silam.

Padang adalah kota pertama di Indonesia yang disinggahi oleh KRI Bima Suci. Kehadiran KRI Bima Suci selaras dengan pesan yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo saat itu. 

”Kita harus mendidik anak-anak kita, pemuda Indonesia, menjadi generasi pelanjut sejarah yang cinta tanah air, memiliki etika, budi pekerti, dan sopan santun. Mempunyai karakter yang kuat dan tangguh,” demikian bunyi pesan yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo. 

KRI Bima Suci dibangun dengan dimensi panjang 111,2 meter dan lebar 13,65 meter. Kapal layar latih tiang tinggi itu mampu berlayar dengan kecepatan antara 12 - 15 knot. Total jumlah awak kapal yang bisa dibawa oleh KRI Bima Suci sebanyak 80 orang. Selain itu, kapal yang sudah berganti komandan sebanyak tiga kali tersebut mampu membawa 120 taruna AAL untuk melaksanakan latihan praktik Kartika Jala Krida (KJK).

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #mengenal #bima #suci #kapal #layar #latih #tiang #tinggi #penerus #dewaruci

KOMENTAR