Maulid Nabi Muhammad SAW, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas Ajak Ikuti Suri Teladan Rasulullah
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (tengah) menyampaikan paparan pada rapat kerja dengan Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (2/9/2024). (Salman Toyib/ Jawa Pos)
14:48
16 September 2024

Maulid Nabi Muhammad SAW, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas Ajak Ikuti Suri Teladan Rasulullah

Maulid Nabi Muhammad SAW menjadi salah satu momen spesial untuk umat Islam. Dalam memperingati momen ini, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan agar maulid tidak hanya dikenang sebagai kelahiran Rasulullah SAW.

Menurut dia, momen maulid dapat dijadikan sebagai upaya kembali menghayati ajaran-ajaran luhur yang disampaikan rasul. Sebab, Rasulullah SAW merupakan teladan sempurna dalam berbagai aspek kehidupan. Baik sebagai hamba Allah, pemimpin umat, maupun negarawan yang membangun masyarakat Madinah dengan prinsip keadilan, toleransi, dan kasih sayang.

’’Peringatan Maulid Nabi SAW mengandung makna yang dalam bagi Indonesia. Sosok Rasulullah mengingatkan kita akan pentingnya persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman,’’ ujarnya kemarin (15/9).

Rasulullah, kata dia, mengajarkan bahwa perbedaan bukanlah halangan untuk hidup berdampingan. Sebaliknya, perbedaan merupakan kekayaan yang harus dijaga dan dihormati. Rasulullah berhasil membangun masyarakat yang harmonis di tengah keberagaman suku dan agama saat berada di Madinah.

Karena itu, dia mengingatkan agar semua bisa meneladan hal tersebut dan berupaya menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang rukun, damai, dan berkeadilan. Sebagai bangsa yang beragam, semua pihak harus mengamalkan moderasi beragama agar tercipta kehidupan yang harmonis dan saling menghargai.

Menag pun mengajak untuk menjadikan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai momentum memperkuat komitmen dalam meneladan akhlak Rasulullah. ’’Baik dalam hubungan kita dengan Allah, hubungan antarmanusia, maupun dalam menjaga bangsa dan negara,’’ tuturnya. (mia/c19/bay)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #maulid #nabi #muhammad #menteri #agama #yaqut #cholil #qoumas #ajak #ikuti #suri #teladan #rasulullah

KOMENTAR