Gunung Merapi Erupsi, Ini Imbauan BNPB
Gunung Merapi dipotret dari kawasan Tunggul Arum, Turi, Sleman, D.I Yogyakarta. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)
14:40
22 Januari 2024

Gunung Merapi Erupsi, Ini Imbauan BNPB

Gunung Merapi mengalami erupsi dan memuntahkan awan panas pada Minggu (21/1) kemarin siang. Akibatnya, hujan abu vulkanik terjadi di sejumlah wilayah di Jawa Tengah.

Berdasarkan laporan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), erupsi itu memiliki Amplitudo max 70mm dengan durasi selama 239.64 detik. Jarak luncur maksimal 2400 meter ke Barat Daya. Visual Gunung Merapi dilaporkan berkabut dan arah angin ke Timur.     Menanggapi hal itu, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari mengeluarkan beberapa imbauan kepada masyarakat sekitar yang terdampak, terutama di Desa Majengan dan Desa Tegalmulyo di Kabupaten Klaten. Kemudian warga kecamatan Selo dan Kecamatan Cepogo di Kabupaten Boyolali.   

  "Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi Sungai Boyong sejauh maksimal 5 km, Sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal 7 km. Pada sektor tenggara meliputi Sungai Woro sejauh maksimal 3 km dan Sungai Gendol 5 km," kata Muhari dalam keterangannya, Senin (21/1).   "Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak," sambungnya.   Selain itu, ia megimbau aktivitas penambangan di alur sungai yang berhulu di Gunung Merapi dalam KRB III direkomendasikan untuk dihentikan.  

  "Pelaku wisata direkomendasikan tidak melakukan kegiatan pada daerah potensi bahaya dan bukaan kawah sejauh 5 km dari puncak Gunung Merapi," ungkapnya.   "Masyarakat agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya dan mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik dari erupsi Gunung Merapi serta mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi," tandas Muhari.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #gunung #merapi #erupsi #imbauan #bnpb

KOMENTAR