Fakta Seragam Tempur Loreng RIMBA Kopasgat TNI AU
Seragam tempur Loreng RIMBA digunakan oleh pasukan khusus TNI AU, Kopasgat. ( Egar for JawaPos.com)
20:48
14 September 2024

Fakta Seragam Tempur Loreng RIMBA Kopasgat TNI AU

 

- Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) TNI AU memperkenalkan seragam tempur baru. Yakni loreng RIMBA. Seragam tempur itu dibuat oleh perusahaan dalam negeri bernama Camovault.

Perusahaan tersebut bekerja sama dengan pasukan khusus TNI AU, Kopasgat. Di balik pembuatannya ada beberapa fakta menarik. 

Camovault merupakan perusahaan rintisan atau startup yang fokus menggarap desain seragam militer. Perusahaan tersebut dipimpin oleh seorang anak muda bernama Yoga.

Bersama teman-temannya sesama anak muda, Yoga mendorong lahirnya Loreng RIMBA. ”Sebuah terobosan menarik dalam dunia militer Indonesia,” imbuhnya. 

Loreng RIMBA yang merupakan kependekan dari Rekayasa Identitas Mimikri Berbasis Alam, merupakan seragam tempur baru yang sudah melalui penelitian panjang selama dua tahun.

Penelitian panjang itu dilakukan bukan hanya untuk memastikan Loreng RIMBA bisa nyaman dipakai. ”Dua tahun penelitian intensif untuk menghasilkan desain loreng yang optimal,” imbuh Yoga. 

Loreng RIMBA menonjolkan macro pattern dan micro pattern berdasarkan empat warna alam vegetasi tropis Indonesia.

”Loreng RIMBA mampu menyesuaikan diri dengan latar alam, tak terlihat dari jarak dekat atau pun jauh,” kata Yoga. Dengan begitu, Loreng RIMBA bisa dipakai dalam berbagai medan operasi dan medan penugasan. Khususnya di hutan-hutan. 

Sebelum diluncurkan oleh Kopasgat bersama Camovault, Loreng RIMBA sudah diuji di berbagai medan operasi. Mulai Papua, Riau, Lampung, sampai beberapa tempa tempat penugasan Kopasgat lainnya.

”Mereka memberikan masukan berharga untuk penyempurnaan desain dan kenyamanan seragam. Prototype Loreng RIMBA telah disebar ke beberapa satuan Kopasgat untuk pengujian lebih lanjut,” jelas Yoga. 

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #fakta #seragam #tempur #loreng #rimba #kopasgat

KOMENTAR