Rumput GBK Dikritik saat Timnas Indonesia vs Australia, Menpora Bilang Begini
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo. (Suara.com/Novian)
19:08
11 September 2024

Rumput GBK Dikritik saat Timnas Indonesia vs Australia, Menpora Bilang Begini

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo kembali menekankan pengtingnya menjaga kualitas rumput di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta. Dito berujar nursery rumput perlu segera dilakukan.

Hal itu ditegaskan Dito menanggapi sorotan terhadap kualitas rumput GBK pada pertandingan Indonesia vs Australia pada Selasa kemarin.

"Iya ini lah yang kita selalu sampaikan bagaimana nursery untuk rumput GBK ini harus segera dilakukan," kata Dito di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (11/9/2024).

Dito menyampaikan saat ini nursery rumput GBK sudah dalam proses, di mana disiapkan lahan di Kemayoran sebagai tempat pembibitan dan perawatan rumput.

Baca Juga: Media Asing Sebut Timnas Indonesia Buat Australia Frustasi, Ini Penyebabnya

"Dan saat ini sudah dalam proses bagaimana menyiapkan lahan 1 hektare di Kemayoran kalau tidak salah itu untuk khusus nursery rumput GBK," kata Dito.

Jadi Sorotan

Sebelumnya, media sosial tengah riuh membahas pertandingan antara Timnas Indonesia kontra Australia di Gelora Bung Karno (GBK), Selasa (10/9/2024). Pertandingan tersebut merupakan lanjutan ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Selama babak pertama, tidak ada gol yang tercipta. Baik Indonesia dan Australia menahan serangan dari masing-masing lawan.

Soal pertandingan Timnas, salah satu hal yang menjadi perhatian warganet adalah rumput GBK. Kondisi rumput GBK bahkan menjadi trending di X (dulu Twitter) lantaran dianggap tak mulus untuk tanding sepak bola.

Baca Juga: Bukan Cuma Stadion GBK, Ini 5 Venue Sepakbola Lain Yang Juga Tak Bersahabat untuk Lawan

Cuplikan laga babak kualifikasi Piala Dunia 2026 round 3 zona Asia antara Indonesia vs Australia (pssi.org)Cuplikan laga babak kualifikasi Piala Dunia 2026 round 3 zona Asia antara Indonesia vs Australia (pssi.org)

"Besok-besok kalau home pake stadion yang rumputnya proper woy. Kalau tetep mau pake GBK ya dibenerin dulu, itu rumput kelihatan tebel banget, nggak rata, gampang lepas juga," komentar warganet.

"Udah exited parah laga timnas vs Aus, 1 menit pertama langsung badmod lihat rumput GBK. Dari jaman bahela nanggung mulu anjir renov rumput sekalian gituloh pake yang bagus," ungkap warganet lain.

"Rumput GBK gak cocok buat bola, cocoknya buat ternak sapi wae lah," tulis warganet.

"Rumputnya kayak foto di sosmed, kelihatan mulus di foto tapi aslinya beda," balas lainnya.

"Kisah percintaan gua nasibnya jelek mulu, tapi masih lebih jelek rumput GBK," timpal netizen.

Diketahui sehari sebelum pertandingan, Ketua Umum PSSI Erick Thohir sudah mengecek kondisi lapangan. Erick mengklaim kondisi Stadion Utama GBK sudha baik dan tak akan menggangu pertandingan.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #rumput #dikritik #saat #timnas #indonesia #australia #menpora #bilang #begini

KOMENTAR