Besok Malam, Jokowi Siap Tonton Timnas Indonesia vs Australia di GBK
Presiden Jokowi bareng sang istri Iriana saat menyaksikan laga perdana pembukaan turnamen sepak bola Piala Presiden 2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung. (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden).
03:04
10 September 2024

Besok Malam, Jokowi Siap Tonton Timnas Indonesia vs Australia di GBK

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan bakal menyaksikan langsung laga Timnas Indonesia menjamu Australia dalam  matchday ke-2 babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 round 3 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa malam.

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana mengkonfirmasi kegiatan kepala negara untuk menonton bola langsung di GBK.

"Rencana bapak presiden akan menyaksikan pertandingan sepak bola Timnas Indonesia vs Australia besok malam di GBK," kata Yusuf kepada wartawan, Senin (9/9/2024).

Yusuf mengatakan kehadiran Jokowi untuk memberikam dukungan langsung kepada Timnas.

Baca Juga: Viral! Awalnya Girang Bisa Selfie dengan Jokowi, Mahasiswa Ini Auto Meringis Dipukul Paspampres

"Memberi dukungan dan semangat kepada Timnas," kata Yusuf.

Misi Raih Poin

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong menegaskan dirinya dan anak asuhnya akan berusaha semaksimal mungkin untuk dapat memetik poin di kandang sendiri saat menjamu Australia di matchday ke-2 babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 round 3 pada Selasa besok. 

Menghadapi Australia bagi Shin Tae-yong merupakan sebuah laga yang cukup penting. Pasalnya, Asnawi Mangkualam dkk akan melakoni laga kandang pertamanya di babak round 3 kali ini dan tentunya akan ditonton oleh ribuan pasang mata suporter fanatiknya di SUGBK.

Cuplikan laga antara Timnas Indonesia vs Australia. (pssi.org)Cuplikan laga antara Timnas Indonesia vs Australia. (pssi.org)

Hal inilah yang menjadi salah satu motivasi bagi pelatih asal Korea Selatan tersebut untuk kembali meraih poin seusai sukses mencuri poin saat melakoni laga tandang di Arab Saudi.

Baca Juga: Tak Gentar Dipolisikan Relawan Gibran, Rocky Gerung Sebut Laporan Absurd hingga Dinasti Jokowi Doyan Lapor, Kenapa?

“Kami melawan Australia di 'home'. Jadi kami akan berupaya semaksimal mungkin mampu mendapatkan poin,” ujar Shin Tae-yong, dikutip  dari laman resmi PSSI, Minggu (8/9/2024).

Shin Tae-yong sendiri memiliki pengalaman yang cukup buruk saat memimpin skuad garuda senior menghadapi Australia.

Menyadur  laman resmi AFC, Indonesia pernah dihajar 4-0 di babak 16 besar Piala Asia 2023 kemarin. Kala itu, skuad garuda sejatinya bisa mengimbangi kekuatan tim berjuluk “The Socceroos” tersebut. Namun, seringnya melakukan kesalahan sendiri membuat timnas Indonesia harus takluk dengan skor cukup telak.

Akan tetapi, kini kondisi timnas Indonesia yang akan dihadapi oleh Australia akan berbeda dibandingkan beberapa bulan lalu saat bertemu di Piala Asia 2023. Selain bermain di kandang sendiri, yakni di Jakarta, timnas Indonesia juga diperkuat oleh banyak pemain baru seperti Ragnar Oratmangoen, Thom Haye, Calvin Verdonk, Nathan Tjoe-A-On, Jay Idzes dan Maarten Paes dalam laga nanti.

Belum lagi misi balas dendam yang diusung oleh Indonesia akan menjadi suntikan semangat tambahan untuk dapat meraih poin di kandang sendiri nanti. Terlebih lagi, timnas Australia di Matchday pertama melawan Bahrain pada Jumat (06/09/2024) lalu harus takluk dengan skor tipis 0-1 saat melakoni laga di kandang sendiri.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #besok #malam #jokowi #siap #tonton #timnas #indonesia #australia

KOMENTAR