Sambut HUT ke-79, TNI AL Buka Seluruh Pangkalan untuk Masyarakat Umum
Ilustrasi suasana di Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara. (Kolinlamil)
16:40
7 September 2024

Sambut HUT ke-79, TNI AL Buka Seluruh Pangkalan untuk Masyarakat Umum

 

- TNI AL akan merayakan HUT ke-79 pada 10 September mendatang. Sebagai bagian dari rangkaian acara menuju agenda puncak, mereka menyelenggarakan Naval Base Open Day (NBOD) di seluruh wilayah Indonesia. Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan bahwa lewat NBOD, TNI AL membuka semua pangkalan yang mereka miliki untuk masyarakat umum. 

Orang nomor satu di TNI AL itu menyampaikan hal tersebut saat diwawancarai oleh awak media di Markas Komando Armada Republik Indonesia (Koarmada RI), Jakarta pada Sabtu (7/9). "Kami melaksanakan Naval base Open Day serempak di seluruh pangkalan TNI AL di Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Semuanya melaksanakan kegiatan Naval Base Open Day," ungkap Ali. 

Lewat kegiatan tersebut, TNI AL memberi ruang kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk melihat secara langsung berbagai alat utama sistem persenjataan (alutsista) Angkatan Laut. Khususnya kapal-kapal perang yang mereka punya. Masyarakat boleh masuk, bertanya, dan berfoto dengan kapal-kapal tersebut.

"Ada pameran alutsista juga di (Markas Komando) Armada I, Armada II, Armada III," terang perwira tinggi bintang empat TNI AL itu.

Menurut Ali NBOD sangat penting untuk membuka dan menambah wawasan masyarakat tentang Angkatan Laut. Pihaknya juga ingin masyarakat merasa dekat dan mencintai TNI AL.

"Untuk membuka wawasan kepada masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda. Bahwa kita ini negara maritim, negara kepulauan, dan 70 persen dari negara kita adalah laut. Jadi, kita harus cinta laut," terang mantan panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I itu.

Lebih lanjut, Laksamana Ali menyatakan, yang tidak kalah penting dari NBOD di seluruh pangkalan TNI AL adalah menunjukkan alutsista TNI AL kepada masyarakat. "Dan yang jelas masyarakat harus tahu alutsista Angkatan Laut yang ada di pangkalan-pangkalan seperti apa dan kedepan harapannya, karena kita negara besar dan negara maritim, Angkatan Laut harus kuat. Itu intinya dari kegiatan rangkaian HUT ke-79 TNI AL," beber dia.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #sambut #buka #seluruh #pangkalan #untuk #masyarakat #umum

KOMENTAR