Gibran Tanya Pakai Istilah 'Greenflation' dalam Debat, Mahfud Geleng-geleng Protes
Cawapres nomor urut tiga, Mahfud MD menyampaikan pemaparan saat Debat Capres-Cawapres keempat di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
22:12
21 Januari 2024

Gibran Tanya Pakai Istilah 'Greenflation' dalam Debat, Mahfud Geleng-geleng Protes

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD protes saat cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka bertanya kepadanya dengan terminologi yang dianggap kurang jelas soal Greenflation atau Inflasi Hijau.

Hal itu terjadi di segmen 4 Debat Keempat Pilpres 2024 di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024). Gibran awalnya diberi kesempatan bertanya kepada Mahfud.

Gibran lantas menanyakan bagaimana cara mengatasi inflasi hijau. Mendengar hal itu, Mahfud tidak langsung menjawab dan lantas protes.

Mahfud merasa yang ditanyakan Gibran menggunakan istilah yang tidak dijelaskan terminologinya.

"Bagaimana cara mengatasi greenflation? Terimakasih," tanya Gibran.

"Sesuai aturan istilah-istilah tidak (boleh)," protes Mahfud.

Moderator debat lantas mengingatkan Gibran agar tak menggunakan istilah yang tak jelas dimengerti kandidat dalam debat.

Sontak massa pendukung yang hadir di lokasi debat pun menyoraki Gibran. Gibran lantas menjawab bahwa seharusnya Mahfud bisa menjawab lantaran berstatus sebagai profesor.

"Enggak, tunggu... ini tadi tidak saya jelaskan karena kan beliau kan seorang profesor," tutur Gibran.

Mahfud merespons jawaban Gibran dengan geleng-geleng kepala dan memasang muka tegas.

Gibran kemudian menjelaskan soal Greenflation yang ditanyakannya.

"Oke greenflation adalah inflasi hijau sesimpel itu," tutupnya.

Debat Keempat Pilpres 2024

Debat keempat Pilpres 2024 digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024) mulai pukul 19.00 WIB.

Dalam debat ini kembali mempertemukan tiga cawapres, yakni Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD.

Tema yang diangkat dalam debat yakni pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Berbeda dari sebelumnya, debat kali ini akan dikawal oleh dua moderator perempuan yakni Retno Pinasti dari SCTV dan Zilvia Iskandar dari Metro TV. Tayangan debat berlangsung selama 120 menit dibagi dalam enam segmen yang sudah disusun untuk debat.

Sebelum digelarnya debat, 11 panelis sudah diputuskan untuk merumuskan pertanyaan yang bakal dipilih secara acak untuk dijawab oleh Cak Imin, Gibran dan Mahfud MD.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #gibran #tanya #pakai #istilah #greenflation #dalam #debat #mahfud #geleng #geleng #protes

KOMENTAR