Jelang Ditetapkan sebagai Ketum Partai Golkar, Begini Gaya Bahlil Hadir di Munas
Bahlil Lahadalia datang menuju area Munas Golkar di di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (21/8/2024). [Suara.com/Novian]
12:48
21 Agustus 2024

Jelang Ditetapkan sebagai Ketum Partai Golkar, Begini Gaya Bahlil Hadir di Munas

Bahlil Lahadalia hadir di tengah-tengah Musyawarah Nasional (Munas) jelang dirinya ditetapkan sebagai Ketua Umum Partai Golkar secara aklamasi pada hari ini.

Pantauan di Jakarta Convention Center (JCC), Bahlil datang menuju tempat acara bersama Agus Gumiwang Kartasasmita dan Ali Mochtar Ngabalin.

Bahlil tidak memberikan komentar saat ditanya awak media mengenai penetapannya sebagai Ketua Umum Partai Golkar periode 2024-2029. Ia yang mengenakan jas kuning hanya melambaikan tangan ke arah kamera, kemudian terus berjalan menuju ruang acara.

Sebelumnya diberitakan, Bahlil kemungkinan besar ditetapkan secara aklamasi sebagai Ketua Umum Partai Golkar periode 2024-2029. Penetapan itu akan segera dilakukan pada Rabu pagi di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta.

Baca Juga: Bisa Tentukan Dewan Pembina usai Jabat Ketum Golkar, Bahlil Bakal Pilih Jokowi?

Ketua Pimpinan Sidang Munas XI Adies Kadir mengatakan pukul 10.00 WIB akan dimulai proses penetapan pemilihan dan penetapan ketua umum, dari sebelumnya calon ketua umum menjadi ketua umum definitif.

"Iya, jam 10 pagi ini kemungkinan besar aklamasi karena sesuai dengan pandangan umum pandangan umum yang kemarin. Semalam kita dengarkan hampir semua pemegang hak suara baik dari DPD I, DPD II, Hasta Karya, pandangan umumnya semua mengatakan memilih pak Bahlil Lahadalia untuk menjadi Ketum 2024-2029," kata Adies di Senayan, Jakarta, Rabu (21/8/2024).

Selain dipilih secara aklamasi, Bahlil juga diberikan hak penuh sebagai Dewan Formatur Tunggal.

Melalui hak sebagai Dewan Formatur Tungfal, nantinya Bahlil memiliki kewenangan menentukan sendiri siapa sekretaris jenderal Partai Golkar dan pengurus lainnya, termasuk menyoal jabatan ketua harian.

"Artinya, beliau lah yang akan mengatur komposisi kepengurusan DPP Partai Golkar periode 2024-2029 ini. Kalau beliau membutuhkan ketua harian ya mungkin ditambah ketua harian, seperti itu."

Baca Juga: Ketum Golkar yang Baru Diminta Kaji Pilkada Usai Putusan MK, ARB: Dengarkan Usulan Daerah

Bahlil juga memiliki kewenangan menentukan siapa Ketua Dewan Pembina Partai Golkar, dan jabatan lainnya di kepengurusan partai berlambang beringin.

"Ya, ya, ya, jadi ketua umum tentunya akan menentukan siapa yang akan menjadi Dewan Pembina, siapa yang menjadi Dewan Kehormatan siapa yang menjadi Dewan Etik, mungkin juga ketua harian, dan sekretaris," kata Adies.

Selangkah Lagi

Politisi Partai Golkar Bahlil Lahadalia tinggal selangkah lagi menjadi ketua umum partai beringin yang baru. Hal tersebut ditegaskan dalam Musyawarah Nasional (Munas) Golkar ke-XI yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Selasa (20/8/2024) malam.

Dalam Munas Golkar, Bahlil ditetapkan sebagai formatur tunggal. Seluruh DPD tingkat I dan II serta organisasi pendiri, hingga organisasi sayap menyatakan mendukung Bahlil menjadi Ketua Umum DPP Partai Golkar periode 2024-2029.

"Semua menyatakan bahwa mendukung Bapak Bahlil Lahadalia untuk menjadi Ketua Umum DPP Partai Golkar periode 2024-2029. Dan juga sekaligus menetapkan beliau sebagai Dewan Formatur Tunggal. Jadi Formatur Tunggal oleh Bapak Bahlil," kata Ketua Pimpinan Sidang Munas XI Adies Kadir dalam sidang di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (20/8/2024).

Selain menyatakan mendukung Bahlil, mereka juga meminta Golkar mendukung penuh Pemerintahan Prabowo-Gibran.

"Jadi itu beberapa poin tadi dalam pandangan umum dan juga menerima laporan pertama jawaban dari DPP Partai Golkar periode 2019-2024," ujarnya.

Sidang juga resmi mendemisioner kepengurusan partai atau DPP Partai periode 2019-2024.

"Demikian sampai tadi. Besok agendanya dimulai pukul 09.00 WIB di Lagoon itu komisi-komisi hanya 1 jam di sana kemudian kembali lagi ke JCC."

"Besok komisi dibagi 3, komisi organisasi, kemudian komisi program umum, dan komisi rekomendasi serta pernyataan politik," katanya.

"Jadi besok agendanya di sana, setelah itu jam 10.00 balik sini. Jam 10.00 dimulai pemilihan atau penetapan ketua umum terkini periode 2024-2029 di JCC yang di tempat ini. Demikian laporan dari kami pimpinan Munas dan pimpinan sementara DPP Partai Golkar," katanya.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #jelang #ditetapkan #sebagai #ketum #partai #golkar #begini #gaya #bahlil #hadir #munas

KOMENTAR