Profil dan Jejak Karier Suswono, Calon Kuat Pendamping Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta
Profil dan Jejak Karier Suswono, Calon Kuat Pendamping Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta (Instagram/ridwansuswono)
17:05
19 Agustus 2024

Profil dan Jejak Karier Suswono, Calon Kuat Pendamping Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta

Suswono menjadi kandidat terkuat Calon Wakil Gubernur (Cawagub) pendamping Ridwan Kamil (RK) di Pemilihan Umum Gubernur Daerah (Pilgub) Jakarta 2024. Lantas siapa sebenarnya sosok yang sempat ramai dengan inisial "S" itu? Simak profil dan jejak karier Suswono, calon kuat pendamping Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta.

Sebelumnya, Politikus Partai Golkar Ridwan Kamil telah mengonfirmasi jika dia akan berpasangan dengan Ketua Majelis Pertimbangan Pusat Partai Keadilan Sejahtera (PKS), di pemilihan Gubernur atau Pilgub Jakarta. Mantan Gubernur Jawa Barat tersebut juga membantah akan berdampingan dengan Kaesang Pangarep, putra Presiden Joko Widodo.

Ridwan mengungkapkan koalisi akan mengumumkan secara resmi pasangannya tersebut pada lusa. Kang Emil, sapaan akrabnya, juga menjelaskan akan ada partai di luar kumpulan pendukung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang turut bergabung.

Seperti apa sosok Suswono? Berikut Suara.com telah merangkum profil dan jejak kariernya.

Baca Juga: Umar Kei Siapanya John Kei? Kalahkan Gen Halilintar Punya 24 Anak dari 3 Istri

Profil dan Jejak Karier Suswono

Suswono adalah pria yang lahir pada tanggal 20 April 1959. Menurut DPP PKS saat ini, ia menjabat posisi Ketua Majelis Pertimbangan Pusat.

Berdasarkan riwayat pendidikannya, ia pernah bersekolah di SMA Slawi dan kemudian melanjutkan kuliah di IPB jurusan Sosial Ekonomi Peternakan Fakultas Peternakan dan lulus pada tahun 1984. Selanjutnya, ia merampungkan pendidikan S2 di tahun yang sama lalu disertasi S3 di kampus yang sama pula.

Perjalanan karier Suswono sendiri dimulai ketika ia menjadi seorang guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bogor pada tahun 1983 sampai 1986. Kemudian bekerja sebagai dosen tetap di Universitas Ibn Khaldun Bogor mulai tahun 1984-2022.

Pria yang kini berusia 65 tahun itu pernah menjadi dosen tidak tetap di Institut Pertanian Bogor pada tahun 1984-1988. Selain itu, dia juga pernah menjalani pekerjaan sebagai seorang Tenaga Ahli Menteri di Kementrian Kehutanan RI dari tahun 1999-2001.

Setelahnya, suami dari Mieke Wahyuni ini maju sebagai calon legislatif Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam Pemilu tahun 2004. Ia lantas berhasil tembus ke Senayan lewat daerah pemilihan atau Dapil Jawa Tengah IX yang meliputi Kabupaten Tegal, Kota Tegal, dan juga Kabupaten Brebes.

Baca Juga: Ada 12 Logo Partai Termasuk PKB, Kang Emil-Suswono Didukung Koalisi Gemuk: 'Makin Besar, Makin Bagus'

Suswono menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2004-2009 sekaligus menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi IV yang mengurusi pertanian, peternakan, kehutanan, perikanan, kelautan, dan pangan. Suswono pun pernah menjabat sebagai Menteri Pertanian Indonesia sejak 22 Oktober 2009 pada masa pemerintahan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Setelah menjadi menteri, mantan Ketua HMI Cabang Bogor tahun 1982-1983 itu juga pernah mencoba terjun di Pilkada Brebes pada 2017. Kala itu, ia berpasangan dengan Akhmad Musttaqin namun gagal.

Melalui akun Instagram pribadinya, tampak Suswono kembali maju sebagai caleg DPR dari PKS di Pileg 2024. Ia menjadi salah satu caleg DPR untuk Dapil Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor.

Dalam unggahan akun Instagramnya tersebut, Suswono memposting sebuah poster yang berisi rekam jejak dirinya. Tertulis dalam poster itu, ia telah bertungkuslumus di sejumlah organisasi.

Tercatat, Suswono pernah menjadi Penasihat KADIN, Pembina Masyarakat Ekonomi Syariah, Penasihat KB PII, hingga Penasihat ICMI Bogor. Tak hanya itu, ia juga pernah menjadi Anggota Wali Amanah IPB, Ketua HMI Cabang Bogor, Ketua Senat Mahasiswa Fapet IPB, Ketua Umum Yayasan Ummul Quro Bogor serta Dosen Universitas Ibnu Khaldun Bogor.

Hasil rekapitulasi KPU, Suswono memperoleh suara sebanyak 53.134 suara di Pileg 2024. Akan tetapi, suara Suswono kalah dengan rekan separtainya, yaitu Ecky Awal Mucharam.

Kini sosoknya banyak mendapat perhatian usai menjadi kandidat terkuat Cawagub pendamping Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta 2024. Menurut informasi yang beredar, Suswono dipilih sebagai jalan tengah dari dua faksi di PKS yang disebut berbeda sikap ketika menghadapi Pilkada Jakarta.

Itu tadi informasi terkait profil dan jejak karier Suswono, calon kuat pendamping Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #profil #jejak #karier #suswono #calon #kuat #pendamping #ridwan #kamil #pilgub #jakarta

KOMENTAR