Scooter Prix Round 2, Perebutan Juara Makin Panas dan Sengit
Scooter Prix Round 2, di Sirkuit Sentul Karting Internasional pada 10-11 Agustus 2024. (Dok: Scooter Prix)
12:05
19 Agustus 2024

Scooter Prix Round 2, Perebutan Juara Makin Panas dan Sengit

Springboard bersama Mahaka Media (Mahaka X) kembali sukses menggelar  balap Vespa terbesar di Indonesia, Scooter Prix Round 2 yang digelar di Sirkuit Sentul Karting Internasional pada 10-11 Agustus 2024. Lebih dari 100 tim dengan 200 pembalap yang ikut berpartisipasi di kompetisi ini. Persaingan antar pembalap dan tim ditonton sekitar 2.000 orang yang hadir di sirkuit.

Berkat dukungan sponsor utama Pertamina, serta E3 Mobility dan Alang Sari Cool, event ini berhasil menarik perhatian.

Hadir undangan Scooter Prix, seperti Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), Simon Aloysius Mantiri dan Chairman NET TV, Agus Lasmono.

Simon mengaku, balapan vespa dalam kompetisi resmi seperti Scooter Prix sangat menarik ditonton, karena kecepatannya tidak kalah dengan jenis motor yang lain.

Baca Juga: 450 Mobil Jimny Siap Ciptakan Rekor Muri Track Day di Sirkuit Sentul

“(Mendukung Scooter Prix) Ini sebagai wujud Pertamina selalu hadir dan terus berinovasi untuk menghasilkan produk-produk untuk kemajuan industri otomotif nasional,” jelas Simon.

Scooter Prix 2024 Round 2 memiliki daya tarik tersendiri karena menggelar beberapa kelas terbaru seperti Kelas Wanita, Kelas Master, dan 2 Kelas Promosi. Khusus dua kelas promosi ini akan menggunakan sistem penghitungan poin di mana nanti peringkat 1-5 di akhir musim berhak promosi ke Kelas Utama pada Scooter Prix 2025 menggantikan 5 posisi terbawah di Kelas Utama.

Co-founder sekaligus Project Director Scooter Prix, Priambodo Soesetyo, menjelaskan bahwa dengan dibukanya Kelas Wanita dan Kelas Master karena Springboard mengakomodir keinginan dari para komunitas-komunitas vespa untuk dibukanya kelas tersebut.

“Dengan dibukanya Kelas Promosi karena kami ingin menciptakan persaingan yang lebih ketat dan kompetitif. Dengan begitu Scooter Prix akan semakin menarik untuk ditonton. Persaingan di Kelas Utama juga semakin sengit, ada beberapa momen senggolan antar pembalap,” ungkap Priam.

Pembukaan kelas khusus wanita juga diapresiasi dari pihak pembalap. Dede Atun Novianti, pembalap wanita dari Eliezeta Indonesia RT mengaku sangat senang dibukanya kelas wanita karena dapat menyalurkan bakat-bakat pembalap-pembalap wanita.

Baca Juga: Sambut Jakarta e-Prix, Replika Mobil Balap Formula E Dipamerkan di Bundaran HI

“Acaranya (Scooter Prix) bagus dan mewah dengan hadiah yang terbilang besar. Walaupun jumlah pembalap wanitanya masih sedikit. Sayang, pembalap wanita masih sedikit. Semoga ke depannya bisa tambah lebih banyak lagi,” ujar Dede Atun yang berhasil menjadi Juara 1 di Kelas Wanita 4T 135cc Zip.

Kompetitifnya Scooter Prix 2024 Round 2 juga diakui oleh M. Nurgianto dari RAW Racing. Meski berhasil mempertahankan Juara 1 di kelas 4T 220cc Open, M. Nurgianto hanya terpaut 0,24 detik dari Juara 2 yakni Putra Purnama Alam.

"Balapan kali ini lebih ketat. Terasa sekali semua pembalap makin susah dilawan. Lawan terberat saya Putra (Scooter Wheels Indonesia) dan Dany Keder (Scoter 6666). Tapi ya lawan cuman di sirkuit, di luar tetep temen," ujar pembalap asal Banten ini.

Sang Juara di dua kelas berbeda 2T Tune Up Open dan 2T Small Frame FFA Open, Husna Dotcom juga mengakui Scooter Prix Round 2 lebih sengit karena banyak rekan pembalap yang jatuh di tengah balapan.

"Kaget juga di race kali banyak yang jatuh. Tapi saya coba sabar aja, kalau ada momennya gaskeun. Alhamdulillah. Semua berkat doa keluarga dan kerjasama tim.," ujar pembalap yang memiliki julukan Kumis Beracun.

Gelaran Scooter Prix juga menjadi ajang komunitas-komunitas Vespa berkumpul. Mereka melakukan kegiatan Sunmori (Sunday Morning Ride) pada Minggu pagi, 11 Agustus. Kegiatan berkendara ini diikuti oleh lebih dari 250 rider yang berkumpul di UD Djaya Coffee House, salah satu markas komunitas Djaya Vespa.

Sunmori "Let's Gow Scooter Prix" ini diorganisir oleh komunitas-komunitas BopScoot Bogor, Kalagyan Scoot, Scooter Geulis, Membara Djaya Vespa, dan FTW. Kegiatan ini merupakan bentuk perayaan dan antusiasme para vespa enthusiast dengan melakukan riding bersama yang mempertemukan dan menyatukan para pecinta Vespa dari berbagai wilayah di sekitar Bogor, untuk bersama-sama menciptakan pemandangan yang penuh warna dan semangat ketika para skuter melaju di sirkuit balap.

"Kami bersemangat menjadi bagian dari acara menarik ini yang menampilkan komunitas Vespa di Bogor, Cianjur, Tangerang dan Jakarta. Sunmori ini tidak hanya tentang keseruan berkendara di jalanan, tetapi juga tentang kebersamaan dan perayaan kemerdekaan indonesia di bulan Agustus ini," ujar Maula, juru bicara komunitas Kalagyan Scoot Bogor.

Scooter Prix Round 2 di Sirkuit Karting International Sentul menampilkan serangkaian balapan dan kompetisi, memberikan kesempatan bagi para pengguna vespa balap untuk memamerkan keterampilan mereka dan bersaing secara sportif dan kompetitif. Acara ini dipastikan akan menjadi hari yang penuh dengan adrenalin, deru mesin, dan sorak-sorai penonton.

Untuk hasil pemenang dan klasemen sementara Scooter Prix 2024 dapat dicek langsung di www.kaskus.co.id/scooterprix. Pantau terus informasi terkini seputar Scooter Prix 2024 di Instagram @scooterprix. Cuplikan dan tayangan ulang Scooter Prix bisa Anda saksikan di akun Youtube Kaskus.

Editor: Fabiola Febrinastri

Tag:  #scooter #prix #round #perebutan #juara #makin #panas #sengit

KOMENTAR