Doa Nabi Ayub Ketika Sakit: Tulisan Arab, Latin, Artinya
Ilustrasi orang sedang sakit - Doa Nabi Ayub Ketika Sakit: Tulisan Arab, Latin, Artinya (freepik)
11:20
13 Agustus 2024

Doa Nabi Ayub Ketika Sakit: Tulisan Arab, Latin, Artinya

Ketika kamu merasa sedang diuji dengan sakit yang tak kunjung sembuh, mungkin saatnya untuk mengambil inspirasi dari kisah Nabi Ayub AS. Nabi Ayub adalah salah satu nabi yang diuji oleh Allah SWT dengan cobaan yang sangat berat, yakni penyakit yang parah dan tak kunjung sembuh selama bertahun-tahun. Namun, di tengah penderitaannya, Nabi Ayub tidak pernah putus asa dan terus memohon kesembuhan kepada Allah SWT dengan penuh kesabaran dan keteguhan hati. Seperti apa doa Nabi Ayub ketika sakit?

Doa Nabi Ayub Ketika Sakit

Dalam Al-Qur’an, doa Nabi Ayub AS diabadikan sebagai salah satu contoh doa yang penuh keikhlasan dan ketawakkalan. Doa ini terdapat dalam Surat Al-Anbiya ayat 83, di mana Nabi Ayub memohon kepada Allah dengan berkata:

رَبَّهُ أَنِّي مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِينَ

Robbi inni massani yad durru wa anta arhamar roohimiin

Baca Juga: Bacaan Doa Syahrini Jadi Sorotan: Pantas Beda sama Artis Lain, Ternyata Dia Pakainya Jalur Langit

Artinya: “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang.”

Doa ini merupakan bentuk pengakuan atas kelemahan dirinya dan pengharapan penuh kepada rahmat Allah yang tak terbatas. Dengan membaca doa ini, kita diajarkan untuk selalu mengingat bahwa hanya Allah-lah yang memiliki kuasa penuh atas segala sesuatu, termasuk penyakit yang kita derita.

Selain doa di atas, terdapat juga dzikir dan doa lain yang sering diamalkan untuk memohon kesembuhan. Doa ini melibatkan pujian kepada Allah dan permohonan agar diberi kesembuhan dari penyakit:

Bismillah, bismillah, bismillah. A’udzu bi izzatillahi wa qudratihi min syarri ma ajidu wa uhadziru. As’alullahal ‘azhima rabbal ‘arsyil ‘adhim an yasyfiyaka.

Artinya: “Dengan nama Allah, dengan nama Allah, dengan nama Allah, aku lindungi kamu berkat kemuliaan Allah dan qudrah-Nya dari kejahatan barang yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan. Aku memohon kepada Allah Yang Maha Besar, Tuhan Arasy yang maha besar supaya Dia menyembuhkanmu.”

Baca Juga: Doa Setelah Sholat Tahajud yang Mustajab: Latin dan Artinya

Dzikir dan doa ini tidak hanya mengandung harapan untuk kesembuhan fisik, tetapi juga merupakan bentuk pengakuan akan kebesaran Allah dan ketundukan sepenuhnya kepada kehendak-Nya. Dengan mengamalkan doa-doa ini, kita diingatkan untuk selalu bersandar pada Allah dalam menghadapi setiap cobaan, termasuk saat kita mengalami sakit yang berat.

Jadi, jika kamu atau orang terdekatmu sedang menghadapi penyakit, jangan ragu untuk mengamalkan doa Nabi Ayub ketika sakit ini. Dengan niat yang tulus dan hati yang penuh keyakinan, insya Allah, kesembuhan akan datang sesuai dengan kehendak-Nya.

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #nabi #ayub #ketika #sakit #tulisan #arab #latin #artinya

KOMENTAR