Simpel Tapi Juara! Ini Cara Menghias Nasi Goreng dan Tumpeng Lomba 17 Agustus
Cara Menghias Nasi Goreng dan Tumpeng untuk Lomba 17 Agustus (freepik)
19:24
11 Agustus 2024

Simpel Tapi Juara! Ini Cara Menghias Nasi Goreng dan Tumpeng Lomba 17 Agustus

Nasi goreng dan tumpeng untuk lomba 17 Agustus sebaiknya dihias secara menarik agar memenangkan lomba. Lomba jenis ini biasanya dapat memicu kreatifitas peserta yang tak pernah terlihat sebelumnya. Kalau kamu mencari cara menghias nasi goreng dan tumpeng untuk lomba 17 Agustus, coba simak uraian di bawah ini.

Lomba nasi goreng dan tumpeng biasa akan dijumpai dalam menyambut perayaan hari kemerdekaan RI. Lomba memasak nasi goreng dan tumpeng biasnaya akan diikuti oleh ibu-ibu yang antusias bergembira memperlihatkan kemampuan mereka. Mereka akan mengeluarkan segenap kemampuan berkreasi dalam menghias nasi goreng dan tumpeng untuk lomba 17 Agustus.

Kalau kamu termasuk salah satu peserta lomba memasak nasi goreng dan tumpeng, lalu sedang bingung mencari hiasan yang cantik dan menarik, kamu mungkin bisa menjajal rekomendasi di bawah ini. Cara menghias nasi goreng dan tumpeng untuk lomba 17 Agustus adalah sebagai berikut:

1. Pakai Kerupuk

Pilih bahan makanan lain yang cocok untuk menghiasi nasi goreng dan tumpeng. Biasanya adalah telur dadar, sosis, sayuran, dan lain-lain. Nasi goreng identik dengan hiasan yang sederhana dan manis, tetapi istimewa. Sebelum dihias sebaiknya putuskan membuat nasi goreng ayam atau nasi goreng telur. Jika nasi goreng ayam, pilih hiasan yang tidak terbuat dari ayam. Nasi goreng sempurna jika dihias dengan kerupuk, irisan mentimun, dan tomat. Kadang kesederhanaan justru menjadi pemenang.

Baca Juga: Kumpulan Pantun Kemerdekaan 17 Agustus 2024 untuk Lomba atau Ucapan di Medsos

2. Pakai telur dan sosis

Kamu bisa membuat kreasi dari telur dadar. Setelah telur digoreng, diiris-iris tipis kemudian ditaburkan di atas nasi goreng dan tumpeng. Sebagai pemanis kamu bisa menambahkan sayuran atau irisan tomat yang dibentuk menjadi bunga. Selain telur dadar, tambahkan sosis. Iris-iris sosis dengan berbagai bentuk. Bisa berbentuk seperti octopus lalu ditambahkan dengan garnish dari sayuran, mentimun, tomat, dan juga cabe merah panjang.

3. Pakai nugget ayam

Kamu bisa mengunakan nugget ayam untuk menghias nasi goreng dan tumpeng. Goreng nugget ayam dan susun di atas nasi goreng. Agar semakin mewah, untuk menghias nasi tumpeng, kamu bisa menambahkan tempe goreng, sayuran, dan irisan mentimun.

4. Pakai oalahan daging

Kamu bisa menggunakan berbagai olahan daging, seperti daging ayam disuwir-suwir tipis. Daging ayam suwir ini bisa menjadi toping untuk nasi goreng dan juga tumpeng. Namun untuk tumpeng, sangat disarankan diletakkan di pinggir nasi tumpeng, atau di bagian kaki gunung. Sementara puncak nasi tumpeng dihiasi dengan cabe yang dibelah sehingga menyerupai bunga. Tambahkan pula sayuran seperti selada, kangkung rebus, bayam rebus, dan lain-lain. Bisa juga tambahkan telur dadar di sekitar nasi tumpeng agar semakin menarik dan kaya. Nasi tumpeng juga akan semakin enak jika ditambahi dengan sambal.

5. Perhatikan piring penyajian

Kamu bisa menghias nasi tumpeng dan nasi goreng dengan tempe goreng, telur rebus, mie goreng, dan juga irisan mentimun serta irisan tomat sebagai pemanis. Susun bahan-bahan tersebut di sisi kanan atau kiri piring nasi goreng. Agar penampilan cantik, kamu juga perlu memikirkan bentuk piring yang tempat sebagai alas penyajian. Bisa memilih piring segi empat atau bulat polos, kemudian dihias dengan bahan-bahan yang ada.

6. Dihias pakai simbol garuda dan bendera merah putih

Cara menghias nasi goreng dan tumpeng untuk lomba 17 Agustus juga harus memperhatikan pemilihan warna yang tepat. Agar sesuai dengan tujuan lomba, kamu bisa memilih bahan-bahan dengan warna dominan merah dan putih. Sehingga, kamu bisa membuat nasi goreng dan tumpeng dari nasi merah, kemudian dihias dengan telur rebus yang akan menampilkan dominan warna putihnya. Agar penampilan semakin menarik, kamu bisa menambahkan hiasan yang lebih dinamis, seperti kertas krep warna merah putih ditempelkan di piring yang digunakan untuk menyajikan nasi goreng dan tumpeng.

Baca Juga: Pantun 17 Agustus Lucu: Tawa dan Semangat Merdeka Menyatu di Hari Kemerdekaan!

Kamu juga bisa menambahkan hiasan berbentuk garuda. Simbol garuda juga bisa diwakilkan oleh burung puyuh yang digoreng kemudian disajikan bersamaan dengan nasi tumpeng. Agar semakin istimewa, kamu bisa menancapkan bendera merah putih di puncak nasi tumpeng.

Demikian itu rekomendasi cara menghias nasi goreng dan tumpeng untuk lomba 17 Agustus.

Kontributor : Mutaya Saroh

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #simpel #tapi #juara #cara #menghias #nasi #goreng #tumpeng #lomba #agustus

KOMENTAR