Pemilik Kendaraan Perlu Tahu, Ini Bahaya Oli Motor Kosong
Ilustrasi oli mesin sepeda motor. [Pertamina Lubricants]
11:25
11 Agustus 2024

Pemilik Kendaraan Perlu Tahu, Ini Bahaya Oli Motor Kosong

Bahaya oli motor kosong sangat signifikan dan dapat menyebabkan kerusakan parah pada mesin motor. Oli motor memiliki beberapa fungsi penting yang membantu menjaga kinerja dan keawetan mesin motor.

Oli membantu membersihkan kerak yang terbentuk pada komponen mesin, sehingga menjaga mesin tetap bersih dan bebas dari kotoran. Dengan demikian, oli motor sangat penting untuk menjaga kinerja dan keawetan mesin motor, serta mencegah kerusakan yang serius.

Oleh karena itu, penting untuk mengganti oli motor secara rutin dan berkala. Berikut bahaya oli motor kosong yang pemilik kendaraan perlu ketahui:

1. Kerusakan Piston dan Silinder

Baca Juga: Mobil1 Tawarkan Pilihan Oli Mesin untuk Model Hybrid

Oli yang kering akan meningkatkan friction coefficient antara ring piston dan dinding silinder, sehingga mengakibatkan panas pada ruang bakar.

Hal ini akan berujung pada akumulasi panas yang berlebihan (overheat), yang dapat menyebabkan piston terkunci dan kerusakan pada silinder.

2. Mesin Mati Mendadak

Keringnya oli membuatnya tidak bisa terdistribusi dengan baik, sehingga ring piston ikut mengering. Dampaknya akan mengakibatkan matinya mesin motor secara mendadak sekalipun bensin masih terisi penuh.

3. Turun Mesin

Baca Juga: Top1 Rilis Oli Terbaru untuk Tingkatkan Performa Mesin Bensin

Jika oli mesin benar-benar habis, maka dipastikan motor bisa turun mesin. Biaya untuk memperbaiki motor yang turun mesin cukup besar, bahkan jika kerusakannya parah, maka wajib mengeluarkan biaya sampai jutaan rupiah.

4. Penggunaan Bahan Bakar Boros

Ketika mesin bekerja lebih keras akibat keringnya oli, mesin akan membutuhkan tenaga yang lebih besar, sehingga mengakibatkan pemborosan pada bahan bakar.

5. Suara dan Getaran yang Tidak Nyaman

Oli yang kotor atau kering akan meningkatkan gesekan yang besar, sehingga menimbulkan getaran dan suara yang tidak nyaman dari motor.

6. Penurunan Kinerja Mesin

Oli yang sudah lama tidak efektif melumasi komponen mesin, sehingga kinerja mesin turun. Hal ini dapat menyebabkan peforma mesin tidak bekerja dengan baik.

Oleh karena itu, sangat penting untuk rutin mengganti oli motor untuk mencegah kerusakan parah pada mesin motor.

Editor: Suhardiman

Tag:  #pemilik #kendaraan #perlu #tahu #bahaya #motor #kosong

KOMENTAR