Bacaan Doa Haid Hari Pertama Agar Tidak Sakit
Bacaan Doa Hari Pertama Haid Agar Tidak Sakit (freepik)
16:59
8 Agustus 2024

Bacaan Doa Haid Hari Pertama Agar Tidak Sakit

Hari pertama haid seringkali menjadi momen yang penuh tantangan bagi banyak perempuan. Kamu mungkin merasa tidak nyaman, mengalami kram, atau perubahan suasana hati yang tiba-tiba. Di tengah situasi seperti ini, berdoa bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan ketenangan dan kekuatan. Doa hari pertama haid tak hanya sebagai bentuk permohonan kepada Allah, tetapi juga sebagai sarana untuk menenangkan hati dan pikiran.

Dalam Islam, haid adalah kondisi alami yang dialami oleh perempuan dan memiliki aturan-aturan tersendiri. Meski dalam masa haid, perempuan tidak diperbolehkan melakukan ibadah seperti sholat dan puasa, namun mereka tetap bisa mendekatkan diri kepada Allah melalui dzikir, doa, dan aktivitas ibadah lainnya yang tidak terlarang. Doa pada hari pertama haid dapat membantu kamu merasa lebih tenang dan diterima dalam kondisi apapun.

Haid tercantum dalam Al-Quran tepatnya ada di surat Al-Baqarah ayat 222:

وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الْمَحِيضِ قُلْ هُوَ أَذًى فَاعْتَزِلُوا النِّسَاءَ فِي الْمَحِيضِ وَلَا تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّى يَطْهُرْنَ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ اللَّهُ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

Baca Juga: Ini Hukum Makan Daging Kucing dalam Islam dan Bahaya Bagi Kesehatan

Artinya, “Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah, ‘Haid itu adalah kotoran’ Sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haid; dan janganlah kamu mendekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sungguh, Allah menyukai orang-orang yang tobat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.” (QS Al-Baqarah: 222).

Masa haid juga bisa menjadi waktu refleksi dan mendekatkan diri kepada Allah. Melalui doa, kamu dapat memohon kesehatan, perlindungan, dan kelancaran selama masa haid. Selain itu, doa juga dapat menjadi bentuk syukur atas kesehatan yang diberikan oleh Allah dan memohon agar masa haid berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti. Dengan berdoa, kamu bisa mengubah rasa tidak nyaman menjadi momen spiritual yang membawa ketenangan.

Doa Haid Hari Pertama

Berikut ini adalah bacaan doa haid hari pertama yang dibaca oleh Sayyidah Aisyah sebagaimana dikutip Syekh As-Shafuri dalam kitabnya, Nuzhatul Majalis

اَلْحَمْدُ ِللهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ

Alhamdulillahi ‘alā kulli hālin wastaghfirullaha min kulli dzambin

Baca Juga: Doa Setelah Membaca Yasin Malam Jumat Tulisan Arab, Latin dan Artinya

Artinya: “Segala puji bagi Allah atas segala kondisi dan aku memohon ampunan kepada Allah dari segala dosa”, maka ia akan dicatat terbebas dari api neraka, selamat melewati shirath, dan aman dari siksa.” (As-Shafuri, Nuzhatul Majalis, [Beirut, Darul Kutub ‘Ilmiyyah], halaman 294).

Itulah bacaan doa haid hari pertama yang dapat dipanjatkan oleh Muslimah. Dengan memanjatkan doa ini semoga Allah meringankan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang biasanya dialami oleh muslimah di periode haidnya.

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #bacaan #haid #hari #pertama #agar #tidak #sakit

KOMENTAR