Bacaan Dzikir Bulan Rajab Setelah Sholat Subuh: Arab, Latin dan Artinya
Ilustrasi berdoa - Tuntunan Dzikir Bulan Rajab Setelah Sholat Subuh: Arab, Latin dan Artinya (Freepik)
18:39
19 Januari 2024

Bacaan Dzikir Bulan Rajab Setelah Sholat Subuh: Arab, Latin dan Artinya

Bulan Rajab menjadi bulan persiapan umat muslim menyongsong Ramadhan. Ddzikir bulan Rajab setelah sholat subuh ini bisa dibaca untuk meningkatkan amalan di Bulan Rajab. Berikut adalah beberapa yang bisa dibaca. 

o اللهم اغْفِرْ لِي وَتُبْ عَلَيَّ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ (إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الْغَفُورُ)

Artinya: ‘Ya Allah, ampunilah dosaku dan kasihanilah aku, serta terimalah taubatku. Sesungguhnya Engkau adalah zat yang Maha Menerima taubat dan Maha Pengasih. Atau sesungguhnya Engkau adalah Zat yang Maha Menerima taubat dan Maha Pengampun.’

o Dzikir ini sering kali dibaca oleh Rasulullah SAW.

صَلَّى رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم الضُّحَى ثُمَّ قَالَ‏:‏ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي، وَتُبْ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ، حَتَّى قَالَهَا مِئَةَ مَرَّةٍ

Artinya: ‘Rasulullah SAW melaksanakan sholat Dhuha, kemudian beliau mengucapkan, ‘Ya Allah, ampuni dosa saya dan terimalah taubat saya. Sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat dan Maha Pengampun. Bacaan ini dilakukan hingga 100 kali. Diriwayatkan oleh Bukhari dan bersumber dari Aisyah R.A.

o اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ. أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ. أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ. وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ. فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْت

dzikir berikutnya ini dikenal dengan nama penghulu istighfar. Anda dapat membaca dzikir ini setiap bulan, tidak hanya di bulan Rajab saja, bahkan setiap hari. Bacaan tersebut sendiri dikutip dari NU Online, yang artinya: ‘Hai Tuhanku Engkau Tuhanku. Tiada Tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah imat sesuai perjanjian-Mu sebatas kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat. Kepada-Mu, aku mengakui segala nikmat-Mu padaku. Aku mengakui dosaku. Maka itu ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau.’.

Amalan Bulan Rajab

Tidak hanya berzikir, umat muslim juga bisa menambah amalan selama bulan Rajab. Amalan – amalan ini bisa menambah pahala. Berikut beberapa amalan yang bisa dilakukan.

Memperbanyak Sholawat kepada Rasul

Amalan yang dapat dikerjakan di bulan Rajab adalah berselawat kepada Rasul. Dalam hadis yang diriwayatkan Abu Dawud, Rasulullah Saw pernah bersabda:

"Sesungguhnya termasuk hari kalian yang paling utama adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan dan diwafatkan. Pada hari itu pula terjadi tiupan sangkakala dan binasa (seluruh makhluk). Maka perbanyaklah sholawat untukku di hari itu. Sesungguhnya sholawat kalian ditunjukkan kepadaku." 

Para sahabat bertanya, "Wahai Rasulullah, bagaimana sholawat kami ditunjukkan pada Anda, saat Anda telah terkubur dalam tanah?" Nabi SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah Azza Wa Jalla mengharamkan tanah untuk memakan jasad para Nabi."

Memperbanyak Salat Sunah 

Selanjutnya, amalan bulan Rajab yang bisa dilakukan oleh para muslim adalah meningkatkan salat sunah. Memperbanyak salat sunah juga dianjurkan untuk memperbanyak salat sunah sebelum salat wajib. Umat muslim bisa melakukan salat duha dan juga salat tahajud untuk menyempurnakan amalan-amalan wajib. 

Membaca Surah As Sajadah dan Surah Al Insan Saat Salat Fajar

Keutamaan kedua surah ini dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan Abu Huraira bahwa Nabi Muhammad Saw dalam salat fajar (subuh) hari Jumat selalu membaca surah Alif Lam Mim As-Sajadah (As Sajdah) dan hal ataa alal insani (Al Insan). 

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #bacaan #dzikir #bulan #rajab #setelah #sholat #subuh #arab #latin #artinya

KOMENTAR