Dirayakan Setiap Tanggal 14 Agustus, Ini Isi Dasa Darma dan Tri Satya Pramuka
Ilustrasi Pramuka, Dasa Darma dan Tri Satya Pramuka. (Shutterstock)
16:03
7 Agustus 2024

Dirayakan Setiap Tanggal 14 Agustus, Ini Isi Dasa Darma dan Tri Satya Pramuka

Pramuka (Praja Muda Karana) merupakan gerakan kepanduan utama di Indonesia dan dunia. Pramuka secara resmi diperkenalkan kepada seluruh rakyat Indonesia pada 14 Agustus 1961. Dalam gerakan Pramuka dikenal adanya Dasa Darma dan Tri Satya Pramuka

Gerakan Pramuka di dunia dikenal sejak 25 Juli 1907. Kepramukaan di Indonesia ditandai dengan berdirinya organisasi milik Belanda bernama Nationale Padvinderij Organisatie (NPO) di Bandung pada 1912. Melalui Keppres 238/1961, Gerakan Kepanduan Indonesia menjadi Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka). Lalu tanggl 14 Agustus diresmikan sebagai hari Pramuka dan terpilihlah Sri Sultan Hamengkubuwono IX sebagai Bapak Pramuka Indonesia.

Dasa Darma Pramuka

Dalam gerakan pramuka diperkenalkan sumpah Dasa Darma Pramuka. Apa itu Dasa Darma Pramuka? Ini adalah sepuluh prinsip luhur yang harus dipegang teguh oleh setiap anggota Pramuka. Dasa Darma ini menjadi pedoman hidup dan bertindak bagi setiap Pramuka, baik dalam kegiatan kepramukaan maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: 50 Link Twibbon Hari Pramuka 2024, Desain Baru Kekinian

Berikut bunyi Dasar Darma Pramuka yang digunakan sampai saat ini. Bunyi Dasa Darma ini diterbikan dalam SK Kwartir Nasional Nomor 036/KN/79.

  1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
  3. Patriot yang sopan dan ksatria
  4. Patuh dan suka bermusyawarah
  5. Rela menolong dan tabah
  6. Rajin, terampil dan gembira
  7. Hemat, cermat dan bersahaja
  8. Disiplin, berani dan setia
  9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
  10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan

Tri Satya Pramuka

Tri Satya Pramuka adalah janji suci yang diucapkan oleh setiap anggota Pramuka saat mereka bergabung dalam gerakan kepanduan. Janji ini menjadi landasan moral dan spiritual bagi setiap Pramuka dalam menjalankan segala aktivitasnya.Setiap anggota Pramuka, baik dari golongan Penegak, Pandega, dan Pramuka Dewasa diwajibkan untuk menghapalkan tiga janji Pramuka ini.

Berikut bunyi Tri Satya Pramuka:

  1. Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan mengamalkan Pancasila
  2. Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat
  3. Menepati Dasa Darma.

Dasa Darma dan Tri Satya Pramuka merupakan kode kehormatan Pramuka. Setiap poinnya memiliki makna mendalam agar setiap Pramuka Indonesia bisa menjalankan kewajibannya sesuai dengan bunyi Dasa Darma dan Tri Satya. Jika dicermati secara mendalam, poin penting Dasar Darma dan Tri Satya Pramuka ialah menjadi manusia yang memahami etika dasar untuk hidup sebagai manusia yang baik. Di antaranya adalah memperhatikan sesama manusia, lingkungan, alam, dan setia kepada bangsa dan negara Indonesia. Di atas semua itu kita harus tetap ingat kepada sang Pencipta melalui perbuatan dan perkataan.

Baca Juga: 25 Kata-kata Ucapan Selamat Hari Pramuka 2024, Bukan Cuma Salam Pramuka!

Demikian itu paparan Dasa Darma dan Tri Satya Pramuka.

Kontributor : Mutaya Saroh

Editor: Vania Rossa

Tag:  #dirayakan #setiap #tanggal #agustus #dasa #darma #satya #pramuka

KOMENTAR