Profil Universitas Abdurrab Pekanbaru, Cek Daftar Jurusan dan Biaya Kuliah
Profil Universitas Abdurrab Pekanbaru, Cek Daftar Jurusan dan Biaya Kuliah (Instagram/univrab)
20:25
6 Agustus 2024

Profil Universitas Abdurrab Pekanbaru, Cek Daftar Jurusan dan Biaya Kuliah

Universitas Abdurrab atau yang juga sering disebut UNIVRAB, adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Indonesia. Kampus utamanya berlokasi di Jalan Riau Ujung Nomor 73, Tampan, Kota Pekanbaru. Universitas ini dikenal karena penekanan pada nilai-nilai Islam, serta memiliki ciri-ciri religius, inklusif, menyeluruh, multikultural, dan berorientasi pada modernitas. Berikut profil Universitas Abdurrab selengkapnya.

Asal-usul Universitas Abdurrab dapat ditelusuri dari sebuah klinik dada yang kemudian berkembang menjadi Rumah Sakit Prof. Dr. H. Tabrani Rab pada tahun 1979. Pada tahun 1983, didirikan Yayasan Abdurrab Pekanbaru yang namanya diambil dari nama orang tua Prof. Dr. H. Tabrani Rab, H. Abdoerrab. Klinik dada tersebut kemudian berubah menjadi RS Rab Hospital. Yayasan Abdurrab melanjutkan ekspansi dengan mendirikan Akademi Perawatan (AKPER) pada tahun 1996, Akademi Analis Farmasi & Makanan (AKAFARMA) pada tahun 1999, Akademi Fisioterapi (AKFIS) dan Akademi Kebidanan (AKBID) pada tahun 2002.

Universitas Abdurrab memiliki empat fakultas, yaitu fakultas kedokteran, fakultas farmasi dan ilmu kesehatan, fakultas teknik dan fakultas psikologi dan sosial politik.

Jurusan dan Program Studi di Universitas Abdurrab Pekanbaru 

Program Diploma:

- D3 Fisioterapi

Baca Juga: Pekerjaan Orang Tua Marisa Putri Diungkap: Ayah Dikabarkan Sakit, Sang Anak Asyik Dugem

- D3 Keperawatan

- D3 Kebidanan

- D3 Analis Farmasi & Makanan

- D3 Teknologi Laboratorium Medis

Program Sarjana:

- S1 Pendidikan Dokter

Baca Juga: Profil dan Biodata Marisa Putri, Mahasiswi Pakai Narkoba dan Tabrak Ibu-ibu Hingga Tewas

- Profesi Dokter

- S1 Psikologi

- S1 Teknik Sipil

- S1 Teknik Informatika

- S1 Ilmu Komunikasi

- S1 Hubungan Internasional

- S1 Ilmu Pemerintahan

- S1 Kebidanan

- Profesi Bidan

- S1 Farmasi

Pada tahun 2008, Fakultas Kedokteran mengakuisisi 38 mahasiswa, dan jumlah tersebut meningkat menjadi 76 mahasiswa pada tahun berikutnya, 2009. Akademi Analis Kesehatan (AAK), yang sebelumnya berada di bawah Yayasan Fajar dengan SK Mendiknas RI No. 71/D/O/2005, kini juga berada di bawah naungan Universitas Abdurrab.

Kampus Universitas Abdurrab terletak di atas lahan seluas 3 hektar, yang sepenuhnya diperuntukkan bagi gedung kampus dan fasilitas pendukung. Fasilitas tersebut mencakup Auditorium dengan kapasitas 700 kursi, 80 ruang kuliah, 19 laboratorium (kedokteran, keperawatan, kebidanan, analis farmasi, fisioterapi, Bahasa, komputer, teknik sipil, beton, dan tanah), ruang layanan administrasi, perpustakaan dengan koleksi 35 ribu buku, gedung serba guna dengan 200 kursi, kantin, serta gedung unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang terhubung dengan jaringan internet.

Saat ini sedang dibangun gedung bisnis center yang mencakup Baitul Maal wat Tamwil (BMT), bank, ATM center, serta pusat bisnis untuk karyawan dan mahasiswa. Kampus II Univrab terletak di Jalan Bhakti No. 32, Tangkerang Barat, Marpoyan Damai, Pekanbaru Riau, di atas lahan seluas 5 hektar yang mencakup Tabrani Islamic Centre dan Susiana Tabrani Convention Centre.

Biaya Kuliah di Universitas Abdurrab

Untuk tahun ajaran 2024/2025, biaya kuliah di Universitas Abdurrab untuk kelas A dimulai dari Rp 7 juta, sedangkan kelas B mulai dari Rp 8 juta. Biaya kuliah tertinggi mencapai Rp 347 juta. Rincian biaya dapat dilihat di tautan berikut:

https://admisi.univrab.ac.id/biaya/perkuliahan

Demikianlah informasi mengenai Universitas Abdurrab, mencakup profil institusi, jurusan yang ditawarkan, serta biaya kuliah yang berlaku. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Anda dalam memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang universitas ini!

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #profil #universitas #abdurrab #pekanbaru #daftar #jurusan #biaya #kuliah

KOMENTAR