Teks Doa Malam Tirakatan 17 Agustus 2024 Lengkap
Teks Doa Malam Tirakatan 17 Agustus 2024 (Freepik)
09:11
6 Agustus 2024

Teks Doa Malam Tirakatan 17 Agustus 2024 Lengkap

Tirakatan merupakan tradisi masyarakat Indonesia, terutama di Jawa, untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI). Tradisi ini diadakan pada malam 17 Agustus setiap tahunnya sebagai ungkapan rasa syukur atas kemerdekaan bangsa, yang salah satunya diwujudkan melalui pembacaan doa malam tirakatan.

Malam tirakatan 17 Agustus biasanya mencakup berbagai kegiatan seperti doa bersama, ceramah sejarah, pertunjukan seni, dan pemberian hadiah kepada pemenang lomba-lomba 17 Agustusan yang telah diselenggarakan sebelumnya. Rangkaian acara biasanya disesuaikan dengan kesepakatan panitia penyelenggara.

Dalam jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Al Qalam UIN Banten, yang berjudul "Indonesia Moslem Tradition and Nationality (Case Study of Malam Tirakatan in Yogyakarta)", malam tirakatan merupakan bentuk akulturasi antara tradisi muslim di Indonesia dan rasa nasionalisme. Menurut studi tersebut, melalui malam tirakatan, umat Islam Indonesia dan masyarakat terus menjaga negaranya dan mengingat sejarah nenek moyang mereka yang telah berjuang demi kemerdekaan.

Doa yang dapat dibacakan saat doa bersama di malam tirakatan bisa diambil dari berbagai sumber, termasuk laman MTSN 2 Kudus, laman Kementerian Agama Karanganyar, dan situs Pemerintah Kota Salatiga.

Baca Juga: 3 Contoh Sambutan Ketua Panitia 17 Agustus Sesuai Tema

Contoh Bacaan Doa Malam Tirakatan 17 Agustus

Berikut ini adalah contoh bacaan doa Malam Tirakatan 17 Agustus yang bisa Anda jadikan referensi. 

1. Contoh Doa 1

Arab latin: Bismillahirrahmaanirrahiim. Al-hamdu lillaahi rabbil-'aalamiin, amdan shaakiriin, hamdan na'imiin yuwaafii ni'amahu wayukafi'u maziidahu. Yaa rabbana lakal-hamdu kamaa yanbaghi li jalali wajhika wa 'aziimi sulthanika.

Ya Allah Yang Maha Kuasa,

Kami memanjatkan rasa syukur kepada-Mu atas nikmat tak terhingga yang Engkau limpahkan kepada bangsa kami. Berkat rida dan kuasa-Mu, Engkau membebaskan kami dari penjajahan. Oleh karena itu, izinkanlah kami pada hari ini, dengan penuh syukur dan sukacita, memperingati hari proklamasi kemerdekaan bangsa kami yang ke-78.

Baca Juga: Susunan Acara Beserta Doa Malam Tirakatan 17 Agustus yang Menyentuh

Ya Allah Yang Maha Bijaksana,

Dengan semangat peringatan proklamasi kemerdekaan ini, berikanlah inspirasi yang tak terputus kepada kami untuk melangkah maju, mengembangkan bangsa ini menjadi bangsa yang maju dan berdaya saing dengan negara-negara maju lainnya di dunia. Kuatkanlah persatuan dan kesatuan kami, agar kami dapat melangkah dengan kokoh dalam membangun bangsa tercinta ini.

Ya Allah Yang Maha Pengasih,

Curahkanlah rahmat dan kasih sayang-Mu kepada para pahlawan kami yang telah mengorbankan jiwa dan raga demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ampunilah segala kesalahan mereka, terimalah segala kebaikan dan keikhlasan pengorbanan mereka, serta tinggikan derajat dan muliakan mereka di antara hamba-hamba-Mu yang syuhada.

Ya Allah Yang Maha Melindungi,

Pandemi COVID-19 yang pernah melanda mengingatkan kami betapa lemahnya kami tanpa pertolongan-Mu. Oleh karena itu, ya Allah, dengan qudrat dan iradah-Mu, kami memohon agar Engkau berkenan mengangkat segala wabah yang mungkin datang dari negeri tercinta ini. Sehatkan, kuatkan, dan tabahkan kami dalam menghadapinya.

Ya Allah Yang Maha Pengampun,

Dengan sifat pemaaf dan pengampun-Mu, ampunilah dosa dan kesalahan kami, begitu pula dosa dan kesalahan para pahlawan serta para pemimpin kami. Kabulkanlah doa-doa kami.

Arab Latin : Rabbanaa aatinaa fid-dunyaa hasanah wa fil-aakhirati hasanah wa qinaa ‘adhaaban-naar. Wa salla Allahu ‘alaa Sayyidinaa Muammadin wa ‘alaa alihi wa sahbihi ajma‘in. Bifadli Subhaana Rabbika Rabbi al-‘izzati ‘ammaa yasifuun wa salaam ‘ala al-mursaliin wal-hamdu lillaahi Rabbi al-‘aalamiin.

2. Contoh Doa 2

Bismillahirrohmanirrohim, segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, keluarganya, serta para sahabatnya. Ya Allah, rahmatilah kami bersama mereka dengan rahmat-Mu, wahai Yang Maha Penyayang.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Esa, saat ini seluruh bangsa Indonesia tengah bermunajat, memuji kebesaran-Mu dan memanjatkan doa syukur atas nikmat kemerdekaan yang telah Engkau berikan kepada kami. Oleh karena itu, terimalah doa dan rasa syukur kami ini.

Ya Allah, Yang Maha Kuasa, dengan kasih dan rahmat-Mu serta semangat persatuan yang kokoh, bangsa kami berhasil mengusir penjajah dari tanah Indonesia. Oleh karena itu, Ya Allah, dengan kekuasaan-Mu, berikanlah kemampuan kepada bangsa Indonesia untuk menjaga dan mengisi kemerdekaan ini dengan sepenuh hati dan ketulusan.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Bijaksana, jauhkanlah bangsa dan negara kami dari fitnah dan bencana. Hindarkan kami dari permusuhan dan perpecahan. Sadarilah seluruh bangsa kami akan pentingnya persatuan dan kesatuan. Kuatkan jiwa kami untuk tetap bersatu dalam kebersamaan dan jauhkan kami dari sifat iri dan dengki serta egois yang dapat menumbuhkan perpecahan dan disintegrasi.

Ya Allah, Tuhan Penguasa Masa Depan, masa depan adalah milik anak cucu kami. Jadikanlah generasi saat ini dan yang akan datang sebagai generasi yang penuh iman dan takwa, hormat kepada orang tua, dan menghargai jasa para pahlawan. Jadikan kami dan keturunan kami sebagai individu yang dapat memajukan dan menciptakan keadilan bagi bangsa dan negara kami sesuai harapan, serta membentuk masyarakat yang saling menghargai dan penuh kasih sayang.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengampun, ampunilah dosa dan kesalahan kami, dosa dan kesalahan para pemimpin kami, serta para pahlawan dan syuhada yang telah berjuang merebut kemerdekaan dari penjajah. Terimalah doa permohonan kami.

Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah waqinaa 'azzabannar.

Demikianlah ulasan mengenai contoh doa malam tirakatan 17 Agustus lengkap. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat merayakan Hari Kemerdekaan.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #teks #malam #tirakatan #agustus #2024 #lengkap

KOMENTAR