Jalan Aksesnya Diblokir Warga, Sekolah Petra Surabaya Milik Siapa?
Ilustrasi Sekolah Petra Surabaya milik siapa (sma3.pppkpetra.sch.i)
00:02
6 Agustus 2024

Jalan Aksesnya Diblokir Warga, Sekolah Petra Surabaya Milik Siapa?

Sekolah Petra Surabaya milik siapa? Sekolah ini menjadi sorotan usai dikabarkan berkonflik dengan warga Perumahan Tompotika. Karena konflik tersebut, warga pun menutup akses jalan menuju Sekolah Petra.

Adapun konflik tersebut dikabarkan terjadi karena sekolah Petra menolak bayar iuran keamanan. Iuran kemanan yang harus dibayar Sekolah Petra pada awalnya Rp 32 juta per bulan, namun kemudian mengalami kenaikan Rp35 juta per bulan untuk kenaikan gaji satpam.

Mengenai kenaikan iuran keamanan ini, pihak sekolah Petra menyebutkan bahwa mereka tidak pernah dilibatkan. Selain itu, pihak sekolah Petra juga mengeluhkan bahwa mereka tidak pernah menerima laporan pertanggungjawaban keuangan iuran keamanan selama 2017-2024.

Atas pernyataan pihak sekolah Petra tersebut, Triawan sekalu perwakilan Perumahan Tompotika pun membantahnya. Triawan menyampaikan bahwa sekolah Petra sudah diberitahu dan laporan pertanggungjawaban keuangan pun sudah diberikan.

Baca Juga: Persatuan Ummat Islam Tolak PP No 28 Tahun 2024 Jokowi soal Pemberian Kondom Kepada Pelajar

Sampai saat ini, konflik antara Sekolah Petra dan warga Perumahan Tompotika dari 3 RW masih belum menemukan titik terang. Seiring ramainya pemberitaan tersebut, muncul pertanyaan, Sekolah Petra Surabaya milik siapa?

Nah untuk mengetahui sekolah Petra milik siapa, yuk simak berikut ini ulasan profil Sekolah Petra yang dilansir dari berbagai sumber.

Profil Sekolah Petra

Sekolah Petra ini merupkan sekolah Kristen yang menyediakan pendidikan untuk tingkat SMP dan SMA. Sekolah Petra ini bagian dari PPPK (Perhimpunan Pendidikan dan Pengajaran Kristen) Petra. Yayasan ini telah berdiri sejak tahun 1951.

Saat ini Yayasan PPPK Petra telah mengolah banyak sekolah di sejumlah wilayah. Salah satunya SMP dan SMA Petra di Surabaya. Adapun pendiri yayasan PPPK Pertra ini yaitu sebagai berikut:

Baca Juga: Wacana Gratiskan Sekolah Swasta di Jakarta, Heru Budi Sebut Bukan untuk Siswa Mapan

  • Bhe Hok Liong
  • Gouw Loe Liong
  • Lie Tong Liang
  • Liem Siauw Giap
  • Oey Koen Heng
  • Tan Gie Djien
  • Kwee Djien Kian 

Mengenai Sekolah Petra Surabaya yang baru-baru ini sedang ramai jadi perbincangan, sekolah tersebut berada di Jl. Manyar Tirtoasri No 1-3, Kelurahan Manyar Sabrangan. Adapun sekolah tersebut terletak di ujung jalan dan berada di sisi kanan dari arah masuk.

Sekolah Petra berdiri kawasan Perumahan Tompotika pada tahun 1980-an. Dua Sekolah Petra ini berada di wilayah RW 3. Hanya saja, RW 3 ini berada di luar lingkungan Perumahan Tompotika. Namun, akses menuju sekolah melewati komplek perumahan.

Untuk siswa yang bersekolah di SMP dan SMA Petra ini totalnya ada sekitar 1.700. Adapun Sekolah Petra ini dibangun oleh Badan Pendidikan dan Pengajaran Kristen Tiong Hoa Kie Tok Kauw Hwee (BPPK THKTKH), Surabaya.

Demikian ulasan mengenai sekolah Petra Surabaya milik siapa lengkap dengan profil Sekolahnya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Vania Rossa

Tag:  #jalan #aksesnya #diblokir #warga #sekolah #petra #surabaya #milik #siapa

KOMENTAR