Sosok Liu Yu Chen, 'Anak' Hendra Setiawan Lamar Huang Yaqiong di Olimpiade Paris 2024
Liu Yu Chen lamar Huang Yaqiyong di Olimpiade Paris 2024. [Instagram/@bwf.offivcial]
16:43
3 Agustus 2024

Sosok Liu Yu Chen, 'Anak' Hendra Setiawan Lamar Huang Yaqiong di Olimpiade Paris 2024

Pebulu tangkis asal Tiongkok, Liu Yu Chen menuai perhatian dunia setelah melamar pujaan hatianya, Huang Yaqiong di Olimpiade Paris.

Liu Yu Chen meninggalkan momen spesial saat berhasil melawan atlet Korea Selatan di Porte de la Chapelle Arena, Jumat (2/8/2024).

Dia tak hanya berhasil membawa pulang medali emas cabang olahraga bulu tangkis di ajang Olimpiade Paris 2024. Tapi, memanfaatkan momen kemenangan tersebut untuk melamar sang kekasih, Huang Yaqiong. 

Liu Yu Chen lamar Huang Yaqiyong di Olimpiade Paris 2024. [Instagram/@bwf.offivcial]Liu Yu Chen lamar Huang Yaqiyong di Olimpiade Paris 2024. [Instagram/@bwf.offivcial]

Huang Yaqiong yang telah menjalin hubungan asmara sekian lama dengan Yu Chen akhirnya menerima lamaran tersebut.

Baca Juga: Tembus 8 Besar Olimpiade, Saat Gregoria Mariska Tunjung Raih Mimpi Besarnya

Tak heran jika Huang Yaqiong cinta mati dengan Liu Yu Chen. Sebab, Yu Chen menjadi atlet muda Tiongkok yang mendunia bahkan disebut-sebut sebagai 'anak' Hendra Setiawan.

Profil Liu Yu Chen: Dapat titel 'anak' Hendra Setiawan

Pebulutangkis China, Liu Yu Chen hentikan langkah The Daddies di Indonesia Open 2022 (Instagram/@liuyuchen88888)Pebulutangkis China, Liu Yu Chen hentikan langkah The Daddies di Indonesia Open 2022 (Instagram/@liuyuchen88888)

Li Yu Chen lahir di Ibu Kota Tiongkok, yakni Beijing pada 25 Juli 1995. Pebulu tangkis berusia 29 tahun ini punya spesialisasi di cabang ganda putra dan campuran.

Yu Chen telah menjuarai berbagai ajang bulu tangkis bergengsi, beberapa di antaranya yakni Asian Games 2018, Piala Thomas 2018, hingga Piala Sudirman 2018.

Kendati berbasis di Tiongkok, kepiawaian Liu Yu Chen dalam permainan tepok bulu dikenal oleh pencinta bulu tangkis di Indonesia. Sebab, ia kerap tampil di pertandingan yang diselenggarakan di Indonesia, yakni Sudirman Cup.

Baca Juga: Jadwal Main Gregoria Mariska di Olimpiade Hari Ini, Bawa Misi Berat!

Liu Yu Chen juga beberapa kali memulangkan atlet Indonesia. Meskipun begitu, para fans badminton Indonesia tak menyimpan dendam dan justru menjadi penggemar Liu Yuchen.

Beberapa momen yang fenomenal dari Yu Chen adalah ketika ia dan Ou Xuanyi berhasil mengalahkan duo pebulu tangkis kondang Indonesia yakni Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan. Alhasil, Hendra Setiawan akhirnya kagum dengan sosok Yu Chen. 

Hendra Setiawan dan sang istri memperlakukan Yu Chen seperti anaknya sendiri, sehingga sang atlet Tiongkok tersebut sering disebut 'anak' Hendra Setiawan.

Liu Yu Chen dan Hendra kerap bertegur sapa dan memberi kabar. Keduanya bahkan sering mengirim pesan bak anak dan ayah.

“Dia biasanya langsung saja mengirim chat (pesan) dan nggak perlu memakai ‘hai’. Langsung ngomong apa gitu. Misalnya, dia mengirim gambar bersama keluarganya. Lalu juga foto saat dia makan,” cerita Hendra Setiawan.

Adapun keluarga kandung Liu Yu Chen ternyata juga berisi para atlet. Ayah dan ibu Yu Chen melatih di tim badminton lokal di Beijing. Sedangkan saudari perempuan Yu Chen berprofesi sebagai seorang atlet renang.

Kontributor : Armand Ilham

Editor: Husna Rahmayunita

Tag:  #sosok #chen #anak #hendra #setiawan #lamar #huang #yaqiong #olimpiade #paris #2024

KOMENTAR