Satu-Satunya Atlet Bulu Tangkis Indonesia di Olimpiade 2024, Gregoria Mariska Tunjung Orang Mana?
Gregoria Mariska Tunjung Orang Mana? (IG/gregoriamrska)
17:37
2 Agustus 2024

Satu-Satunya Atlet Bulu Tangkis Indonesia di Olimpiade 2024, Gregoria Mariska Tunjung Orang Mana?

Gregoria Mariska Tunjung menjadi satu-satunya atlet bulu tangkis Indonesia yang tersisa pada Olimpiade Paris 2024 usai satu per satu rekannya berguguran. Ia jadi harapan terakhir Indonesia untuk meraih medali dari cabang olahraga (cabor) bulu tangkis. Tak sedikit yang penasaran Gregoria Mariska Tunjung orang mana?

Selama ini, bulu tangkis menjadi andalan Indonesia dalam mendulang medali di Olimpiade. Melalui cabor ini, Indonesia berhasil membawa pulang medali sejak Olimpiade 1992. Tercatat, bulu tangkis hanya sekali absen mendapat medali  dalam Olimpiade London tahun 2012 lalu.

Pada Olimpiade Paris 2024 ini, Indonesia mengirim enam wakilnya. Adapun wakil Indonesia antara lain Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (Ganda Putri), Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Ganda Campuran), Anthony Sinisuka Ginting (Tunggal Putra), Jonatan Christie (Tunggal Putra), Gregoria Mariska (Tunggal Putri), dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Ganda Putra).

Kini harapan Indonesia mendulang medali melalui bulu tangkis di Olimpiade 2024 mulai menipis. Empat wakil Tanah Air yang ada sudah berguguran. Bisa dikatakan, perolehan ini jauh dari apa yang diharapkan.

Baca Juga: Fajar/Rian Gugur, Gregoria Jadi Satu-satunya Harapan Indonesia di Olimpiade

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, harus gugur pada fase grup. Sedangkan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto terpaksa berhenti di babak perempatfinal.

Sementara, Gregoria menang dramatis usai melewati ujian berat kala melawan Kim Ga Eun (Korea Selatan). Akan tetapi, tak bisa dipungkiri, ia juga merasa terbebani karena menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa di cabor bulu tangkis di Olimpiade 2024.

Pada babak perempatfinal, Gregoria akan bertanding melawan Thailand Ratchanok Intanon. Duel Gregoria vs Intanon bakal digelar pada Sabtu, 3 Agustus 2024 besok.

Gregoria Mariska Tunjung Orang Mana?

Gregoria Mariska Tunjung adalah atlet kelahiran Wonogiri, 11 Agustus 1999. Diketahui Wonogiri adalah salah satu nama Kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah. Gregoria Mariska Tunjung atau akrab disapa Jorji saat ini menjadi pemain tunggal putri andalan Indonesia.

Baca Juga: Hasil Olimpiade 2024: Digebuk Ranking 1 Dunia, Fajar/Rian Terhenti di Perempat Final

Perjalanan Karier Gregoria Mariska Tunjung

Sejak belia, ia tertarik dan memilih berkarier di dunia olahraga. Awalnya, ia mendalami olahraga karate, tetapi ayah Gregoria melihat bakatnya ada di bulu tangkis. Dengan dukungan dari orang tua dan bakat yang dimilikinya, Gregoria memantapkan diri pada bulu tangkis. Tak hanya itu, Gregoria juga terinspirasi dari pemain bulu tangkis dunia, Taufik Hidayat.
 
Gregoria Mariska mengawali karier bulu tangkisnya bersama PB Mutiara Cardinal Bandung, Jawa Barat. Pada tahun 2013, ia pun dipanggil PBSI untuk masuk Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur. Bermodal latihan di Pelatnas, atlet berusia 25 tahun itu sukses meraih posisi runner-up tunggal putri pada perhelatan Malaysia International Challenge 2014. 
 
Sejak saat itu, prestasinya semakin moncer. Atlet dengan tinggi 164 cm ini berhasil juara di ajang Singapore International Series dan Indonesia International yang diselenggarakan pada tahun 2015 silam. Akan tetapi, ketika mengikuti Kejuaraan Asia tingkat Junior di Bangkok, Thailand, ia hanya mampu menduduki urutan kedua. 
 
Tak pantang menyerah, ia lantas membalas kemenangan di perhelatan Kejuaraan Dunia Junior BWF tahun 2017 di Yogyakarta, dengan menyabet gelar juara dunia junior ketika usianya masih 18 tahun. Sejak saat itu, Gregoria mulai bergabung dengan tim tunggal putri senior. Sejumlah turnamen dan kejuaraan pun ia ikuti baik di tingkat nasional ataupun internasional .
 
Tercatat, Gregoria sempat meraih juara India Open Grand Prix Gold. Lalu ia menjadi peraih perunggu ketika bertarung di SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia. Atas sederet prestasi yang didapat kala bergabung dengan tunggal putri, hingga 2019, Gregoria masuk peringkat 1 nasional dan 15 dunia.

Demikian tadi informasi Gregoria Mariska Tunjung orang mana. Semoga wakil Indonesia yang tersisa dalam cabor bulu tangkis di Olimpiade 2024 ini bisa meraih mendali!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Vania Rossa

Tag:  #satu #satunya #atlet #bulu #tangkis #indonesia #olimpiade #2024 #gregoria #mariska #tunjung #orang #mana

KOMENTAR