Silsilah Keluarga El Rumi: Keturunan Pahlawan, Berdarah Yahudi
Kolase El Rumi (Instagram/elelrumi)
11:45
31 Juli 2024

Silsilah Keluarga El Rumi: Keturunan Pahlawan, Berdarah Yahudi

El Rumi tengah menjadi perbincangan usai go public menjalin hubungan dengan Syifa Hadju. Anak Ahmad Dhani dan Maia Estianty ini juga dipuji sebagai cowok green flag oleh warganet.

Hubungan El Rumi dan Syifa pun mendapatkan respons positif dari publik. Apalagi, Syifa baru saja putus dari Rizky Nazar yang dianggap warganet sebagai cowok red flag.

Mengenai itu, menarik untuk melihat silsilah keluarga El Rumi yang bukan dari kalangan sembarangan. Pasalnya, El Rumi ternyata keturunan pahlawan dan memiliki darah Yahudi.

Garis keturunan pahlawan El Rumi berasal dari sang ibu, Maia Estianty. Diketahui Maia Estianty ternyata adalah keturunan keluarga pahlawan nasional Oemar Said Tjokroaminoto.

Baca Juga: Beda 180 Derajat, Begini Reaksi Lesti Kejora Terhadap El Rumi dan Rizky Nazar Saat Pacari Syifa Hadju

Hal ini sempat dikonfirmasi langsung oleh Maia melalui akun YouTube SULE Channel pada 2021 silam. Kala itu, Maia mengaku dirinya adalah cicit Oemar Said Tjokroaminoto.

Istri Irwan Mussry ini menjelaskan bahwa Oemar Said Tjokroaminoto memiliki putri bernama Oetari. Oetari selaku nenek Maia itu ternyata sempat menikah dengan Presiden RI pertama Soekarno.

Namun pernikahan nenek Maia dengan sang proklamator berakhir dengan perceraian. Keduanya juga tidak dikaruniai anak. Usai bercerai, Oetari kemudian menikah lagi.

Kolase El Rumi (Instagram/elelrumi)Kolase El Rumi (Instagram/elelrumi)

Dari pernikahan keduanya itu, Oetari baru dikaruniai keturunan. Salah satu keturunannya adalah Maia Estianty. Alhasil, El Rumi pun turut menjadi keturunan Oemar Said Tjokroaminoto.

Sementara itu, darah Yahudi El Rumi berasal dari sang ayah, Ahmad Dhani. Ini karena kakek Ahmad Dhani, Jan Pieter Friederich Kohler adalah kelahiran Hindia Belanda, sekaligus keturunan Yahudi Ashkenazi.

Baca Juga: Dinner Bareng Maia Estianty, Perlakuan El Rumi ke Syifa Hadju Disorot: Act of Service Pol!

Kohler memiliki anak perempuan bernama Joyce Theresia Pamela Kohler, yakni ibu Ahmad Dhani.

Tak cuma keturunan Yahudi, Ahmad Dhani juga keturunan bangsawan, yaitu Raden dari Cinunuk Wanaraja, Garut. Keturunan bangsawan ini didapat Ahmad Dhani dari sang ayah, Eddy Abdul Manaf.

Fakta ini terungkap saat Eddy Abdul Manaf dimakamkan di TPU Cinunuk. Lokasi pemakaman itu dikenal sebagai tempat peristirahatan terakhir Raden Wangsa Muhammad atau Pangeran Papak.

Sosok Pangeran Papak semasa hidup dikenal sebagai seorang waliyullah sekaligus penyebar agama Islam di wilayah Garut.

Dengan ini, El Rumi tidak hanya menyandang keturunan pahlawan, tetapi juga bangsawan. Pacar baru Syifa Hadju ini juga masih memiliki keturunan Yahudi.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #silsilah #keluarga #rumi #keturunan #pahlawan #berdarah #yahudi

KOMENTAR