Contoh Proposal Kegiatan 17 Agustus di Masyarakat Tingkat RT
Contoh Proposal Kegiatan 17 Agustus di Masyarakat Tingkat RT (freepik)
15:59
27 Juli 2024

Contoh Proposal Kegiatan 17 Agustus di Masyarakat Tingkat RT

Biasanya kegiatan 17 Agustus di masyarakat tingkat RT beragam acaranya. Setiap RT akan menyusun berbagai kegiatan termasuk lomba dan upacara peringatan 17 Agustus. Jika kamu sedang emncari contoh proposal kegiatan 17 Agustus di masyarakat tingkat RT, cobalah rekomendasi contoh di artikel ini.

Kenapa kita harus membuat proposal kegiatan 17 Agustus sekalipun kegiatan itu diadakan oleh masyarakat setingkat RT? Tujuannya adalah agar kegiatan kita berjalan lancar dengan mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, terutama keuangan yang akan dibutuhkan untuk membiayai operasional acara.

Penting untuk diingat bahwa untuk memperingati HUT RI ke 78, Kementerian Sekretariat Negara sudah merilis tema dan logo peringatan. Maka, setiap proposal kegiatan 17 Agustus di masyarakat sekalipun tingkat RT harus menyematkan logo tersebut. Berikut contoh proposal kegiatan 17 Agustus di masyarakat tingkat RT.

1. Latar Belakang
Pada halaman setelah cover, kamu harus menjelaskan latar belakang acara. Paparkan alasan mengadakan peringatan 17 Agustus di tingkat RT. Contoh kalimatnya sebagai berikut:

Baca Juga: 10 Ide Lomba 17 Agustus Anti Mainstream di Rumah dan Sekolah: Ada Karaoke Sambil Angkat Barbel?

"Masyarakat kita membutuhkan suatu acara untuk memperingati 17 Agustus 2024. Agar acara peringatan tersebut semakin semarak dan bermakna, kami bermaksud mengadakan berbagai acara kegiatan yang dirancang sesuai dengan umur dan minat warga."

2. Tujuan Kegiatan
Berikutnya jelaskan tujuan kegiatan. Kenapa warga masyarakat setingkat RT harus memiliki acara khusus untuk memperingati 17 Agustus. Contoh kalimatnya bisa diawali dengan kalimat berikut.

"Selain untuk memperingati 17 Agustus, kegiatan peringatan 17 Agustus ini juga bertujuan untuk mempererat persatuan dan kesatuan antar warga masyarakat setingkat RT. Mengeratkan hubungan persahabatan dan persaudaraan antar warga masyarakat, dan menjadikan momen peringatan 17 Agustus semakin bermakna..."

3. Landasan kegiatan
Agar kegiatan menjadi semakin bermakna dan tidak melanggar undang-undang negara Indonesia, pastikan untuk menyampaikan landasan kegiatan kamu, antara lain UUD 1945, Pancasila, dan Musyawarah warga antar RT dan seterusnya jika diperlukan.

4. Tema kegiatan
Sampaikan tema kegiatan peringatan 17 Agustus di dalam proposal. Pastikan tema kegiatan masyarakat tingkat RT ini tidak bertentangan dengan tema nasional. Kementerian merilis tema peringatan 17 Agustus 2024 adalah 'Bersama Menuju Indonesia Hebat'. Kamu bisa mengembangkannya dari tema tersebut.

Baca Juga: GRATIS! 40 Desain Background Banner HUT ke-79 RI, Download dan Edit Sekarang!

5. Jenis Kegiatan
Paparkan jenis kegiatan yang akan dilaksanakan setingkat RT. Pastikan bahwa kegiatan tersebut pasti terlaksana karena adanya peserta, panitia lomba, dan juga pelindung acara.

6. Peserta
Sehubungan dengan jenis kegiatan, kamu juga perlu menyebutkan perkiraan peserta yang akan ikut dalam perlombaan. Data bisa diambil dari daftar nama warga yang tinggal di RT setempat.

7. Waktu dan tempat kegiatan
Urutan selanjutnya adalah waktu dan tempat kegiatan. Sebutkan kapan kegiatan akan dilaksanakan dan di mana saja tempat untuk melaksanakannya.

8. Susunan panitia
Setelah menyebutkan waktu dan tempat kegiatan, kamu harus menyebutkan susunan panitia. Susunan panitia adalah orang-orang yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan acara akan berhasil atau tidak.

9. Estimasi biaya
Setelah susunan panitia, masukkan estimasi biaya. Rancangan anggaran ini sangat penting untuk ditulis sesuai dengan estimasi biaya yang dibutuhkan karena akan berpengaruh pada kelancaran acara. Selain itu, daftar ini juga akan mempengaruhi minat investor baik lembaga maupun individu yang 'dimintai' sumbangan untuk menambah atau menutup jumlah anggaran yang dibutuhkan.

10. Daftar pengeluaran
Setelah memasukkan dan menyebutkan estimasi biaya, pastikan untuk membuat daftar pengeluaran yang berupa rincian dana akan digunakan untuk keperluan apa saja. Rincian ini berguna untuk melihat dana akan digunakan semestina atau tidak.

11. Penutup
Proposal harus ditutup dengan kalimat yang benar. Misalnya saja kalimat seperti berikut ini.

"Demikian itu proposal kegiatan masyarakat RT X kami buat. Kami mengharapkan dukungan Anda untuk menutup anggaran yang kami butuhkan dan berpartisipasi ketika kegiatan dilaksanakan pada hari, waktu, dan tempat yang sudah ditunjuk".

Demikian itu contoh proposalkegiatan 17 Agustus di masyarakat tingkat RT

Kontributor : Mutaya Saroh

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #contoh #proposal #kegiatan #agustus #masyarakat #tingkat

KOMENTAR